Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Koleksi Buku Bung Karno di Blitar

Kompas.com - 28/05/2017, 16:06 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Editor

KOMPAS.com - Perpustakaan Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, menyimpan aneka buku dan hasil tulisan presiden pertama RI yakni Ir Soekarno. Perpustakaan ini terletak di Jalan Kalasan No 1 Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.

Perpustakaan ini berada satu kawasan dengan makam Sang Proklamator. Bentuk bangunannya menyerupai Candi Penataran.

Perpustakaan ini mempunyai koleksi yang menitikberatkan pada karya-karya Soekarno, buku-buku yang dibaca Soekarno, karya-karya orang lain tentang Soekarno, dan karya-karya para pejuang bangsa.

Perpustakaan Bung Karno digolongkan menjadi dua bagian yakni koleksi buku dan nonbuku. Koleksi buku terdiri dari koleksi buku khusus, koleksi umum, koleksi referensi, koleksi anak dan remaja.

Sementara itu koleksi nonbuku terdiri dari terbitan berkala, peta dan atlas, lukisan dan foto, CD, VCD, artefak, relief, dan super elektronik.

Wisatawan boleh masuk dan melihat-lihat. Namun, peminjam buku dibatasi hanya masyarakat Blitar yang sudah memiliki kartu anggota.

“Yang bisa pinjam buku hanya anggota dari wilayah Kabupaten dan Kota Blitar. Kalau dari wisatawan hanya bisa melihat memorabilia atau rata-rata wisatawan memang ke museum,” kata Pustakawan Perpustakaan Bung Karno, Hanafi, kepada Tribun Solo, Rabu (24/5/2017).

Rata-rata pengunjung perpustakaan adalah pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

Perpustakan dan Museum Bung Karno buka dari Senin-Kamis mulai pukul 07.30 - 16.00 WIB, Jumat pukul 7.30 - 16.30 WIB, juga Sabtu dan Minggu pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Berita ini diambil dari Tribun Solo dengan judul asli "Perpustakaan Bung Karno di Blitar Ini Punya Berbagai Koleksi Buku dan Non Buku".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com