Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Hotel dan Mal di Jabodetabek Bisa Langsung ke Bandara Soetta

Kompas.com - 30/05/2017, 17:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com  - Penumpang pesawat yang terbang melalui Bandara Soekarno-Hatta punya layanan transportasi baru mulai Selasa (30/5/2017). Layanan tersebut dinamakan Jabodetabek Airport Connexion (JAConnexion).
 
JAConnexion akan melayani penumpang menggunakan bus dari hotel dan mal menuju Bandara Soekarno-Hatta. Layanan JAConnexion diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (30/5/2017).
 
Menhub mengatakan JAConnexion sebagai bagian dari Bus Rapid Transit (BRT) merupakan suatu keharusan bagi Jakarta. 
 
"Traffic penumpang di Bandara Soekarno-Hatta setiap harinya adalah 150 ribu orang ditambah sekitar 25 ribu pekerja di Bandara Soekarno-Hatta, sehingga kehadiran bus ini menjadi suatu keharusan," kata Menhub dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Selasa (30/5/2017).
 
 
Layanan yang diprakarsai oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dengan menggandeng tiga operator bus, melayani rute dari Bandara Soekarno Hatta ke hotel dan mal serta sebaliknya di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. 
 
Dengan JAConnexion, masyarakat yang akan ke dan dari Bandara Soekarno-Hatta mempunyai alternatif angkutan umum, termasuk Kereta Api Bandara yang akan segera beroperasi.
 
KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Menhub Budi Karya
"Light Rail Transit (LRT) itu lebih efisien tiga kali lipat dari bus dan bus lima kali lipat lebih efisien dari kendaraan pribadi, sehingga layanan bus ini harus diselenggarakan secepatnya dengan tingkat pelayanan yang baik," ujarnya. 
 
Menhub juga meminta kepada para operator JAConnexion agar memperbanyak jumlah armadanya karena layanan ini mempunyai potensi yang besar. Menhub berharap para operator menjaga level of service yang baik agar layanan bus ini menjadi favorit masyarakat. 
 
Jumlah armada  JAConnexion yang beroperasi sekarang yaitu 91 bus. Menhub menyatakan jumlah tersebut masih kurang dan Menhub berharap di akhir tahun jumlah armada bisa menjadi 400 bus. 
 
Sementara itu, dalam laporannya, Kepala BPTJ Elly Sinaga menjelaskan saat ini JAConnexion dilayani 91 bus dari 4 operator yaitu Perum Damri, PPD, Big Bird dan Sinar Jaya Megah Langgeng.
 
"JAConnexion mulai beroperasi hari ini dan tarifnya masih promosi yaitu yang dari mal Rp 25 ribu dan dari hotel Rp 50 ribu," jelas Elly. 
 
Setelah peresmian JAConnexion, Menhub beserta rombongan secara langsung mencoba bus JAConnexion dari Bandara Soekarno Hatta menuju Mal Grand Indonesia. (*)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com