Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Termudah Dapatkan Hasil Foto Profesional Saat Berlibur

Kompas.com - 01/06/2017, 15:27 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Foto adalah elemen yang tak dapat dipisahkan dari liburan. Bagi yang ingin memiliki hasil foto liburan dalam tingkat profesional, menyewa fotografer menjadi alternatif.

Namun tak melulu harus memboyong fotografer saat pergi berlibur. Ada cara yang lebih mudah dan lebih nyaman yakni menggunakan jasa fotografer lokal andal di tempat liburan.

"Kita sadar tiap kali kita traveling, kita ingin punya kenangan yang bagus untuk dibawa pulang, tetapi sebagai turis kita jarang sekali punya foto bagus saat traveling. Seperti saya saat liburan sempat berpikir enak ya punya teman lokal, fotografer jadi dia bisa memfoto saya dan keluarga," kata founder Sweet Escape, David Soong saat acara buka puasa bersama di kantor Sweet Escape, Jakarta, Kamis (31/5/2017).

Karena alasan tersebut akhirnya David mendirikan Sweet Escape, jasa fotografi berbasis aplikasi.

(BACA: Catat, Ini 7 Tips Fotografi Perjalanan)

Sweet Escape yang didirikan bulan Februari tahun 2016 menghubungkan konsumen dengan fotografer lokal tempatnya berlibur. Saat ini ada lebih dari 400 fotografer lokal yang tersebar di 300 kota baik di dalam maupun di luar Indonesia.

Dari tutorial yang diperagakan David, cara memesan jasa fotografer lokal dari Sweet Escape sangat mudah. Pertama unduh aplikasi Sweet Escape dari Play Store atau Appstore.

Kemudian untuk menyewa jasa fotorgafer, pilih negara, pilih kota, pesan tanggal dan waktu pemotretan, beri tahu tempat janji temu, jumlah orang yang difoto, dan bayar lewat kartu kredit atau transfer bank.

Setelah selesai melakukan proses pembayaran, maka konsumen dapat langsung terhubung dengan fotografer. Waktu yang direkomendasikan untuk menyewa jasa fotografer lewat Sweet Escape adalah dua minggu sebelum atau maksimal dua hari sebelum pemotretan.

"Pemotretan dilakukan dalam waktu dua jam, setelah tiga hari hasil foto akan langsung dikirim di aplikasi Sweet Escape, dan boleh mendownload 40 foto resolusi tinggi," kata David.

Tak perlu khawatir untuk hasil maupun proses foto, karena David menjamin fotografer yang bergabung di Sweet Escape telah dikurasi terlebih dahulu baik karya maupun kepribadiannya.

Konsumen juga dapat melihat kumpulan karya milik fotografer yang akan disewanya, juga toned (warna khas) foto juga akan diedit langsung oleh tim Sweet Escape agar sesuai dengan konsep Sweet Escape yang "natural, happy, candid, and fun".

 

When you got all you need for your #SummerHoliday. Captured by Felix in San Francisco.

A post shared by SweetEscape (@sweet.escape) on May 18, 2017 at 5:09am PDT

"Dengan fotografer lokal mereka lebih tahu kondisi tempat, tahu waktu terbaik untuk foto, dan dapat memberi rekomendasi restoran, tempat lokal yang bagus, yang sulit ditemui jika lewat online," ungkap David.

Untuk menyewa jasa fotografer lewat Sweet Escape, harga dimulai dari 300 dollar AS atau setara Rp 3 juta.

Harga tersebut tergantung dengan kota yang dikunjungi. Saat ini klien yang paling banyak menggunakan jasa Sweet Escape adalah wisatawan keluarga, pasangan, dan kelompok pertemanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com