Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Komentar Fotografer Asing soal Wisatawan Indonesia

Kompas.com - 02/06/2017, 10:21 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan Indonesia yang melancong ke luar negeri ternyata memiliki ciri khas unik saat berwisata.
 
Fotografer yang tergabung dalam aplikasi penghubung fotografer lokal suatu negara dan konsumen, Sweet Escape punya tanggapan tersendiri mengenai orang Indonesia saat berkunjung ke luar negeri. 
 
"Rata-rata fotografer (dari luar negeri yang terhubung dengan Sweet Escape) kaget, karena ternyata orang Indonesia bahasa Inggrisnya sangat baik," kata founder dari Sweet Escape, David Soong saat acara buka puasa bersama di kantor Sweet Escape, Jakarta, Kamis (31/5/2017). 
 
 
Selain kemampuan berbahasa, fotografer setempat menurut David juga memuji penampilan orang Indonesia yang mumpuni alias stylish. Uniknya orang Indonesia ternyata cenderung malu bergaya di depan kamera dan perlu bantuan dalam pengarahan gaya. 
 
"Ini wajar karena 95 persen klien kami (Sweet Escape) bukan model. Apalagi orang Timur punya budaya tidak terlalu ekspresif, berbeda dengan orang Barat," ungkap David. 
 
Saat ini tren destinasi wisata orang Indonesia juga terlihat di tiga lokasi yakni Jepang, Paris, dan Bali. Namun demikian, David melihat adanya tren destinasi wisata yang mulai beralih ke lokasi-lokasi baru seperti Islandia, Finlandia, dan Maroko. 
 
"Banyak yang penasaran dengan lokasi baru, dari pemesanan (jasa fotografer di Sweet Escape) juga naik lebih dari 300 persen di low season. Di high season-nya naik 700 persen dibanding tahun lalu," kata David. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com