Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urus Visa Arab Saudi untuk Umrah, Bisakah Langsung ke Kedubes?

Kompas.com - 03/06/2017, 14:28 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergi ke luar negeri tak semuanya menerapkan bebas visa seperti negara Arab Saudi. Sehingga, perjalanan umrah pun harus memiliki visa yang diurus oleh travel agent.

"Setahu saya Arab Saudi tak bisa mengurus visa sendiri," kata salah seorang warga Jakarta, Sri kepada KompasTravel, Jumat (2/6/2017).

Menurut penulis buku "Umroh Backpacker: A to Z Umroh Ala Backpackeran", Elly Basrah Lubis, visa ke Arab Saudi tak bisa diurus sendiri langsung ke kedutaan seperti negara-negara lain. Ia mengatakan pengurusan visa ke Arab Saudi mesti dibantu oleh travel agent.

(BACA: Mungkinkah Pergi Umrah Seorang Diri? Ini Jawabannya...)

"Prosedurnya untuk awam itu harus ada manifest dulu dari travel yang ada kop suratnya. Meski sendiri, orang harus tetap gabung travel atau minimal minta pengajuan visa. Kita tak bisa mengajukan visa langsung ke kedutaan," jelasnya.

Ia mengatakan travel agent atau provider visa nantinya akan membantu mengurus pengajuan visa. Provider adalah travel agent yang ditunjuk oleh Kedutaan Besar Arab Saudi dan Kementerian Haji Saudi untuk bekerja sama dengan muassasah.

"Setelah itu dikirim manifestnya ke Saudi. Nanti dikirim MOFA, paspor dan tiket," tambahnya.

MOFA (Ministry of Foreign Affairs) adalah voucher konfirmasi dari Kementerian Haji Saudi untuk calon jemaah umrah. Sebelum mengajukan visa ke KBSA, setiap harus memiliki MOFA.

"Setelah dapat MOFA, baru pergi ke Kedutaan Besar Arab Saudi untuk menstempel MOFA menjadi visa umrah," ujar Elly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com