Wisata Kawah Ijen Akan Dikelola Pusat - Kompas.com

Wisata Kawah Ijen Akan Dikelola Pusat

Kompas.com - 04/06/2017, 05:20 WIB
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Petambang memikul belerang seberat lebih dari 70 kilogram. Mereka harus menempuh jarak sejauh 3 kilometer dari kawah Gunung Ijen menuju Pos Paltuding di kawasan Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Masyarakat sekitar Gunung Ijen kini sudah mengantisipasi gejala bencana dari kawah tersebut.

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Obyek wisata Kawah Ijen yang berada di perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dengan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan dikelola langsung oleh pemerintah pusat.

"Obyek wisata Kawah Ijen di Kecamatan Ijen sudah masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), yang pengelolaannya langsung dilakukan pemerintah pusat," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bondowoso, Adi Sunaryadi di Bondowoso, Sabtu (3/6/2017).

Ia memaparkan pada rapat di Kementerian Pariwisata RI beberapa waktu lalu juga dibahas pengelolaan wisata Kawah Ijen yang diperkirakan akan dikelola oleh investor yang ditunjuk karena pada rapat waktu itu juga hadir beberapa investor.

(BACA: Bangun Kereta Gantung, Gunung Ijen Tetap sebagai Cagar Alam)

Secara geografis, menurut Adi Sunaryadi, wisata Kawah Ijen terbagi dua antara Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Tetapi selama ini obyek wisata tersebut dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jember.

"Jadi kawasan wisata Kawah Ijen itu akan menjadi wisata internasional yang akan dilengkapi dengan kereta gantung dari Paltuding hingga ke kawah. Pengunjung dapat menikmati kawah serta kawasan wisata alam tersebut dari atas kereta gantung," ucapnya.

ThinkStock Turis selfie di Kawah Ijen, Banyuwangi
Menurut Adi, kendati status cagar alam berubah menjadi taman wisata alam namun fungsinya sebagai cagar alam akan tetap dijaga atau hanya pemanfaatannya saja yang akan berubah.

"Dari hasil rapat kami di Kementerian Pariwisata di Jakarta beberapa waktu lalu, kereta gantung yang akan dibangun di kawasan wisata Kawah Ijen itu aksesnya akan lebih banyak dari Bondowoso. Oleh karenanya kami terus aktif mengikuti rapat di kementerian," katanya.

EditorI Made Asdhiana
SumberANTARA
Komentar