Fakta Menarik dari Gedung Paling Unik di Australia - Kompas.com

Fakta Menarik dari Gedung Paling Unik di Australia

Silvita Agmasari
Kompas.com - 06/06/2017, 15:04 WIB
KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Opera House, Sydney

SYDNEY, KOMPAS.com - Bangunan paling ikonik di Benua Australia, Opera House mampu menyedot kunjungan wisatawan untuk berkunjung ke negara bagian New South Wales, tepatnya di Sydney. Selain desainnya ada beberapa fakta menarik dari Opera House, seperti berikut ini:

1. Desain Gedung Opera House didapat dari kontes desain. Pemenangnya, arsitek Jorn Utzon sempat membuat perdebatan yang sengit di kalangan juri.

Tiga juri menolak desain Utzon. Juri keempat, arsitek ternama Amerika Serikat Eero Saarinen justru mengatakan desain Utzon sangat luar biasa! Utzon keluar sebagai pemenang dan mengalahkan 232 kontestan lainnya.

2. Lomba desain tahun 1956 tersebut memberi Utzon hadiah senilai 5.000 poundsterling atau setara Rp 85 juta.

3. Pengerjaan Opera House dimulai pada tahun 1959 dan dibuka pada pada tahun 1973. Ada 10.000 pekerja yang membangun gedung ini.

(BACA: Opera House Sydney Juga Bisa Ganti Warna)

4. Atap tertinggi dari Opera House mencapai 67 meter di atas batas laut, dan memiliki luas 120 meter. Hal yang unik dari atap Opera House yang menyerupai kerang, dibuat dari keramik khusus yang dibuat oleh perusahaan Swedia.

5. Tampak indah di luar, sebenarnya pengerjaan Opera House sangat rumit. Tiap bagian gedung (yang berbentuk segitiga) memiliki berat 15 ton, ditopang oleh kabel besi dengan panjang 350 kilometer.

KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Saat matahari tenggelam, Kota Sydney pun berubah menjadi permadani yang bermandikan cahaya, termasuk bangunan Sydney Opera House
Gedung ini juga menggunakan 6.225 meter kaca yang dibuat di Perancis dan 645 kilometer kabel listrik.

6. Ada 3.000 acara yang diselenggarakan di Opera House setiap tahunnya, dan 200.000 orang yang datang khusus untuk tur Opera House.

7. Ada 1.000 ruangan di Opera House. Kapasitas ruang terbesar adalah Concert Hall yang membuat 2.679 tempat duduk, dan yang terkecil Utzon Room dapat memuat 210 orang.

8. Tahun 2007, Opera House tercatat sebagai situs UNESCO World Heritage, karena bentuk bangunan dan letaknya.

KompasTravel berkesempatan untuk melihat pemandangan Gedung Opera House saat perjalanan dengan Golden Rama Tours & Travel. Simak perjalanan tersebut dalam video singkat berikut ini:

PenulisSilvita Agmasari
EditorI Made Asdhiana
Sumbertelegraph
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM