AirAsia Buka Rute Pontianak-Kuching - Kompas.com

AirAsia Buka Rute Pontianak-Kuching

Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan
Kompas.com - 06/06/2017, 16:01 WIB
KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWAN CEO AirAsia Berhad, Aireen Omar mengalungkan kain batik corak motif Dayak kepada para penumpang penerbangan perdana rute Pontianak-Kuching di terminal kedatangan Bandara Internasional Kuching, Sarawak, Malaysia, Senin (5/6/2017).

KUCHING, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan AirAsia membuka rute baru penerbangan internasional dari Pontianak, Kalimantan Barat ke Kuching, Sarawak, Malaysia. Penerbangan perdana tersebut dilakukan Senin (5/6/2017).

Setibanya di Bandara Internasional Kuching, para penumpang disambut oleh sejumlah pejabat setempat, di antaranya Menteri Pariwisata, Seni, Budaya, Pemuda dan Olah Raga, Datuk Haji Abdul Karim Rahman Hamzah; Konsul Pelaksana Fungsi Konsuler II Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kuching, Muhammad Abdullah dan CEO AirAsia, Aireen Omar.

Para penumpang masing-masing dikalungi kain bercorak batik ketika masuk di terminal kedatangan.

(BACA: Sakitnya Tuh di Sini...? Terdengar di Kuching Waterfront Sarawak)

CEO AirAsia, Aireen Omar mengatakan, rute penerbangan langsung Pontianak-Kuching ini akan beroperasi setiap hari.

"Kami sangat gembira menyambut penerbangan perdana rute Kuching-Pontianak ini karena rute ini merupakan bagian dari inisiatif dan komitmen kami untuk mengembangkan Pontianak sebagai destinasi liburan pilihan,” ujar Aireen dalam konferensi pers usai penerbangan perdana di Kuching, Sarawak, Malaysia.

Aireen menambahkan, pihaknya meyakini pertumbuhan jumlah kedatangan turis ke Pontianak juga akan terus meningkat dengan dibukanya rute ini.

"Di sisi lain, masyarakat Pontianak juga dapat mengunjungi Kota Kuching yang memiliki daya tarik keindahan alam, kekayaan sejarah dan budaya, kuliner, serta suasana perkotaan, yang kini semakin mudah dijangkau dengan penerbangan langsung AirAsia dengan tarif yang sangat hemat,” ujarnya.

(BACA: Sotong Pangkong Khas Pontianak, Rasanya Enak dan Harga Terjangkau)

Tarif yang ditawarkan AirAsia saat ini berkisar mulai Rp 249.000 yang bisa dipesan hingga 18 Juni 2017 untuk perjalanan mulai dari 5 Juni 2017 hingga 14 Januari 2018. Harga promosi ini juga tersedia di aplikasi mobile AirAsia dan situs mobile. airasia.com

KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWAN CEO AirAsia Berhad, Aireen Omar menyerahkan miniatur pesawat kepada Pelaksana Fungsi Konsuler II KJRI Kuching, Muhammad Abdullah di terminal kedatangan Bandara Internasional Kuching, Sarawak, Malaysia, Senin (5/6/2017).
Menteri Pariwisata, Seni, Budaya, Pemuda dan Olahraga Malaysia, Datuk Haji Abdul Karim Rahman Hamzah mengungkapkan dengan adanya rute penerbangan tersebut, merupakan komitmen dari pemerintah Malaysia dalam meningkatkan hubungan kerja sama dengan Indonesia.

"Dengan adanya AirAsia, tentu jarak antara Pontianak dan Kuching akan terasa semakin dekat. Jarak tempuh yang biasanya menggunakan jalur darat memakan waktu lama, akan semakin singkat," ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya rute ini juga berdampak pada peningkatan hubungan kerja sama di berbagai bidang seperti pariwisata, ekonomi, pendidikan dan lainnya.

"Saya harap komitmen yang sama juga dilakukan pemerintah di Indonesia agar bisa saling menguntungkan dalam berbagai bidang," katanya. 

PenulisKontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM