Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lindungi Wisatawan, Anggota PHRI Sumsel Pasang CCTV

Kompas.com - 07/06/2017, 15:04 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan memasang ratusan kamera pemantau (CCTV) di sekitar gedung usaha hingga Juni 2017 untuk melindungi wisatawan.

"Sebanyak 144 pengelola hotel dan 400 pengelola restoran sepakat akan memasang minimal dua unit CCTV dan sebagian telah merealisasikannya," kata Ketua PHRI Sumatera Selatan, Herlan Aspiudin di Palembang, Selasa (6/6/2017).

Menurut dia, pemasangan kamera pemantau tersebut penting karena jika terjadi tindak kejahatan atau gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di sekitar hotel dapat diketahui dengan cepat dan terdokumentasi karena hasil pemantauan selama 24 jam dapat terekam atau tersimpan di dalam perangkat CCTV.

(BACA: Belum Terasa Berbuka Puasa jika Belum Menyantap Pempek...)

Dengan mengetahui suasana di sekitar hotel dan restoran dapat digunakan untuk melindungi wisatawan serta mendukung kepolisian mengungkap kasus jika terjadi tindak kejahatan yang menimpa wisatawan lokal maupun mancanegara serta masyarakat setempat.

"Pemasangan CCTV itu akan terus dilakukan dengan mendorong pengelola hotel dan restoran yang belum mewujudkannya segera melakukan pemasangan dengan target sebelum pelaksanaan Asian Games 2018 seluruh anggota telah memasang kamera tersebut," katanya.

Herlan menjelaskan, secara umum kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Palembang serta 16 kabupaten/kota Sumsel lainnya cukup kondusif serta layak untuk dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara yang akan menikmati wisata alam, budaya, sejarah, dan kuliner.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Suasana salah satu sudut Kampung Kapitan di tepian Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (6/8/2016). Kampung Kapitan didiami turun-temurun warga Tionghoa dan memiliki sejarah yang kuat saat peralihan dari Sriwijaya ke Kesultanan Palembang.
Dengan peningkatan pengamanan itu diharapkan wisatawan yang berkunjung ke daerah ini dapat lebih nyaman dalam menikmati perjalanannya dan bisa membawa kesan positif ketika kembali ke daerah atau negara asalnya.

"Upaya tersebut diharapkan dapat mendukung upaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan terutama wisatawan mancanegara yang selama ini setiap bulan berkisar 800 hingga 1.500 orang, di mana jumlah wisatawan terbanyak dari Malaysia, Singapura, dan Jepang," kata Herlan.

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com