Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Nasi ala Turki?

Kompas.com - 07/06/2017, 23:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasi bagi masyarakat Indonesia tentu bukanlah sesuatu yang unik. Makanan tersebut biasa hadir di hampir setiap meja makan di Indonesia, juga di beberapa negara seperti Turki.

Turki sendiri menjadikan nasi sebagai salah satu makanan yang disantap bersama keluarga selain roti. Lalu seperti apa nasi ala Turki?

Nasi dalam bahasa Turki dikenal dengan sebutan "Pilavlar". Koki asal Turki sekaligus Pemilik Restoran "Warung Turki" dan Turkuaz, Sezai Zorlu mengatakan bahwa nasi ala Turki dimasak dengan cara ditumis sehingga menghasilkan rasa gurih.

"Nasi itu dimasak bersama bawang bombay dan minyak zaitun," jelas Sezai saat berbincang dengan KompasTravel di Jakarta beberapa lalu.

Menurutnya, pertama kali beras mesti direndam terlebih dahulu. Beras yang direndam mesti digosok-gosok.

"Beras itu kita tumis dengan minyak zaitun dan butter. Butter itu supaya lebih gurih," tambahnya.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Koki asal Turki, Sezai Zorlu memasak nasi ala Turki di Pasar Santa, Jakarta, Senin (5/6/2017). Nasi ala Turki dimasak dengan cara ditumis bersama bawang bombay, butter, lada hitam, dan kaldu ayam.
Beras ditumis bersama bawang bombay dan zaitun di dalam wajan. Sepanjang menumis, beras harus selalu diaduk-aduk.

"Itu supaya merata, meresap bumbunya dan tidak lengket berasnya. Setelah itu dikasih kaldu dan menjelang matang baru dikasih lada hitam," tambahnya.

Menurutnya, nasi ala Turki tak selalu membutuhkan beras khusus. Semua beras bisa dimasak ala Turki.

KompasTravel sempat mencicipi nasi ala Turki. Meski tak dimasak seperti layaknya di Indonesia yaitu dikukus, nasi tetap matang.

Ada rasa sedikit gurih dari butter dan bawang bombay terasa di lidah. Nasi juga terasa licin karena efek dari butter dan kaldu ayam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com