Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Pesta Kesenian Bali 2017 Digelar 10 Juni sampai 8 Juli

Kompas.com - 09/06/2017, 10:16 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Pesta Kesenian Bali (PKB) 2017 kembali digelar untuk menghibur wisatawan di Pulau Dewata. PKB digelar di Taman Budaya Bali atau Art Center.

PKB berlangsung selama sebulan penuh, 10 Juni hingga 8 Juli. Supaya tidak kebingungan, sebaiknya Anda melihat dulu jadwalnya.

Tahun ini pelaksanaan PKB menginjak edisi ke-39. ini sangat penting lantaran arena PKB sangat luas. Pembukaan dimulai di depan Monumen Bajra Sandhi Renon.

Setiap hari akan selalu ada acara kesenian dipentaskan mulai pukul 10.00 WITA dan diakhiri pukul 20.00 WITA.

(BACA: Krisis Diplomatik, Wisman Qatar Bisa Liburan ke Bali)

"Dengan mengetahui susunan kegiatan atau jadwal acara dalam PKB 2017 tersebut, maka traveler bisa mengetahui lebih awal jadwal pementasan sebuah kesenian. Pengaturan waktunya jadi efisien. Jangan lupa, di Pesta Kesenian Bali ini juga ada sejumlah peserta kesenian dari negara asing yang memperkenalkan budaya dan seni mereka di Bali," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, AA Yuniartha Putra, di Denpasar, Kamis (8/6/2017), dalam siaran pers Kemenpar.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Legong Muani oleh Sanggar Klasik Ardhanareswari saat pentas di Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38, di Denpasar, Bali, Kamis (16/6/2016).
Dalam susunan jadwal acara PKB 2017 tercatat berbagai pementasan seni ditampilkan seperti parade Ngelawang, pementasan wayang kulit, drama gong, topeng, joged bumbung, prembon.

Berikutnya ditampilkan bebondresan, taman panasar, tari dan tabuh, arja, gong kebyar, baleganjur, kesenian gambuh sampai pementasan Calonarang dan berbagai pementasan kesenian lainnya.

(BACA: Mimpi Fernando da Silva, Pariwisata Timor Leste seperti Bali)

Setiap hari duta-duta seni dari sejumlah kabupaten di Bali melengkapi kegiatan dan pertunjukan seni di Taman Budaya Art Center.

“Tema yang diusung juga berbeda-beda. Semua diset berdasarkan kontinuitas, teks dan kontekstual. Untuk 2016-2020 temanya Panca Maha Bhuta yang terdiri dari 5 unsur atau elemen yang membentuk makhluk hidup di antaranya pertiwi (tanah), apah (air), bayu (udara), teja (cahaya) dan akasa (eter). Dan sub tema PKB 2017 ini adalah bertemakan Ulun Danu yaitu melestarikan air (apah) sebagai sumber kehidupan,” ujar AA Yuniartha Putra

TRIBUN BALI/ZAENAL NUR ARIFIN Suvenir khas Bali di Toko Aneka pada Pesta Kesenian Bali (PKB) ke XXXVII di Art Centre, Denpasar. PKB berlangsung hingga 11 Juli 2015.
Menteri Pariwisata Arief Yahya turun langsung membantu promosi PKB 2017. Menpar menginginkan acara yang sudah berkelas dunia itu akan makin ngehits di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri. (*)

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com