Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Air Panas di Pesisir Banten

Kompas.com - 09/06/2017, 22:05 WIB

ANYER dan Carita di Banten tidak hanya menawarkan keindahan pantai. Wisatawan tidak melulu dimanja debur ombak, tetapi juga bisa menikmati sensasi dipijat alam.

Petualangan pijat dimulai saat air panas mengucur deras dari pipa berdiameter 5 sentimeter menuju kolam berukuran 2 meter x 1,5 meter. Bau belerang menusuk hidung saat asapnya mengepul.

Sungguh nyaman saat tubuh masuk ke kolam air panas itu. Namun, tak lebih dari 15 menit, tubuh menolak berlama-lama direndam air panas. Itulah sensasi awal menikmati air panas di Umbul Tanjung Resort Banten.

Tak lama kemudian, terasa ada guyuran air dingin dari keran lain yang mengalir ke kolam yang sama. Saat air dingin menyentuh kulit, tubuh terasa lebih nyaman.

Air panas dan dingin bergantian mengalir seperti memijat tubuh yang lelah.

(BACA: Kusatsu Onsen, Permandian Air Panas Terkenal di Jepang)

Kolam itu berada di Desa Umbul Tanjung, Kecamatan Pasauran, Kabupaten Serang, Banten. Letaknya di kawasan wisata Anyer, obyek wisata andalan Kabupaten Serang. Umbul Tanjung Resort berjarak sekitar 150 kilometer dari Jakarta.

Di penginapan itu ada lima ruang berendam. Batu-batu alam ditaburkan di pinggir kolam yang dinaungi atap paduan eternit, kaca, dan kayu.

Jika bosan dengan air panas, Umbul Tanjung Resort menawarkan panorama pantai. Siluet Gunung Krakatau dan Pulau Panjang terlihat di kejauhan.

Pemandangan laut berwarna biru dengan gradasi hijau semakin indah saat matahari terbenam menampakkan semburat jingga.

(BACA: Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Hangat dan Menyembuhkan)

Pasa Muna, resepsionis Umbul Tanjung Resort, mengatakan, ada dua tarif berbeda bagi mereka yang ingin berendam air panas. Untuk pengunjung yang tidak menginap harus membayar Rp 100.000 di kamar rendam dengan satu kolam. Sementara tarif berendam di kamar dengan dua kolam Rp 200.000.

”Tarif itu berlaku untuk durasi waktu satu jam. Untuk tamu menginap ada jatah gratis satu jam. Jika ingin lebih lama, harus membayar sesuai tarif, sama dengan tamu yang tidak menginap,” katanya.

Di Umbul Tanjung Resort terdapat 10 vila. Tarif menginap di setiap vila Rp 1,3 juta per hari pada hari kerja dan Rp 1,5 juta per hari pada akhir pekan. Setiap vila dapat menampung empat orang.

”Kapasitas itu bisa ditambah empat orang lagi dengan kasur tambahan. Biayanya Rp 75.000 per kasur tambahan,” kata Pasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com