Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajanan untuk Berbuka, Cobalah Kue Clorot

Kompas.com - 11/06/2017, 22:09 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sembari menanti azan Magrib berkumandang, mencari jajanan untuk berbuka adalah kegiatan yang menyenangkan.

Satu di antara pasar yang menjadi andalan warga Yogyakarta untuk mencari jajanan diantaranya adalah pasar sore Ramadan Kauman.

Di pasar yang hanya ada saat bulan Ramadhan ini menyajikan berbagai macam kuliner, dan yang menarik perhatian adalah kue clorot.

Warna coklatnya yang menggoda membuat kue clorot selalu banyak peminatnya.

Berbahan dasar tepung beras dan dicampur dengan gula Jawa membuat kue ini memiliki tektur yang lembut dan kenyal, ditambah lagi rasa manis dari gula Jawa.

Kue clorot terbuat dari tepung beras dan gula Jawa dengan bentuk yang memanjang. Gula Jawa itulah yang membuat kue clorot berwarna coklat.
 
"Saya sudah lama jualan kue ini, setiap harinya selalu ramai yang mencari kue clorot," ucap Mardiyono (40), seorang penjual kue clorot.

Ia menjelaskan kue ini memang berbentuk memanjang dan dibungkus dengan daun kelapa, oleh karena itu namanya clorot.

ARSIP TRIBUNJOGJA.COM/Tris Jumali Mardiyono, seorang penjual kue clorot sedang membungkus pesanan dari pelanggan pasar Ramadan Kauman, Yogyakarta, Rabu (7/6/2017).
Ia menjual kue ini dengan harga Rp 1.000 per kuenya.

Risma Elyana (42), seorang pembeli mengatakan anaknya sangat menyukai jajanan tradisional ini.

"Mungkin karena bentuknya yang lucu, sama rasanya yang kenyal, jadi anak saya suka banget sama kue ini. Dia yang minta beliin," ujarnya. (Tribunjogja.com/Tris Jumali)

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com