Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cilok Bumbu Kacang yang Melegenda di Bandung

Kompas.com - 12/06/2017, 10:28 WIB

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal cilok, jajanan berbahan dasar tepung kanji yang dinikmati dengan saus atau bumbu kacang. Panganan ini pertama muncul dari Bandung, dengan akronim "aci dicolok" yang merepresentasi bentuknya.

Jajanan dengan harga ramah di kantong ini bisa ditemukan hampir di semua sudut Kota Bandung. Salah satu penjual yang paling terkenal adalah Cilok Bapri. 

Usaha rumahan ini dikelola oleh Eman Sulaeman dan Kartini sejak tahun 1993. Lokasi usahanya yakni di Jalan Babakan Priangan IV (Bapri), Kecamatan Regol, Bandung. 

Deretan gerobak berwarna hijau berderet di sepanjang gang sempit. Eman mengatakan bahwa usaha ini berasal dari cilok buatan ibunya yang dijual sendiri di sekitar komplek tempat tinggalnya.

"Alhamdulillah cilok yang kami jual sangat disukai para pembeli. Pada waktu itu diawali berjualan di depan rumah," tutur Eman kepada Tribunjabar.co.id.

TRIBUNJABAR/FASCO DEHOTMAN Cilok Bapri.

Seiring berjalannya waktu, usaha milik Eman berkembang. Cilok Bapri dijual lewat pedagang pengecer menggunakan grobak keliling, agar memudahkan peluang usaha untuk mendekati konsumen.

"Jadi melalui gerobak kelilinglah konsumen lebih muda mendapatkan peroduk kami yakni Cilok Bapri," ujarnya. 

Agar membedakan dengan cilok lainnya, maka gerobak dibuat ciri khas berwarna hijau. Pembeli pun menjadi mudah mengenali dan mencarinya.

Eman mengaku Cilok yang dijual sangat berbeda dengan cilok yang sudah ada. Bentuknya lebih besar, bulat, dan kenyal ditambah bumbu kacang asli tanpa campuran saus. Ini yang menjadi ciri khas usaha cilok buatannya.

Untuk pembuatannya Cilok Bapri terbagi dalam empat grup dalam satu lokasi. Satu grup mampu memproduksi Cilok sebanyak 7.500 butir dalam satu hari. 

Untuk pemasarannya Cilok Bapri disebar dibeberapa wilayah Bandung yakni Bandung Utara, Bandung Timur, Bandung selatan dan Kota Cimahi. Satu butir cilok ia banderol seharga Rp 500. Sangat terjangkau bukan? 

Artikel ini dikutip dari Tribun Jabar dengan judul asli "Cilok Bapri, Legenda Cilok Bandung yang Kenyal Berlumur Bumbu Kacang Asli".

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com