Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keong Sawah, Makanan Wajib saat Mudik ke Purwokerto

Kompas.com - 12/06/2017, 21:06 WIB

KOMPAS.com - Jika mudik ke Purwokerto, tak ada salahnya mencicipi salah satu panganan khas yakni kraca alias keong sawah.

Salah satu penjual kraca yang paling diburu adalah Warung Keong di Jalan Kauman Lama, RT 02/RW 06, Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur.

Warung milik Chamlani (57) ini terkenal di kalangan warga Purwokerto. Tiap hari, sejumlah pelanggan mengantre untuk membeli olahan keong yang masih hangat.

Ramadhan adalah bulan paling sibuk bagi keluarganya lantaran pekerjaan bertambah. Mereka nyaris tak pernah istirahat demi meladeni permintaan penggemar keong yang melonjak tajam di bulan suci. 

"Di Banyumas sudah jadi tradisi, saat puasa menyantap hidangan keong. Saya sampai kewalahan menuruti permintaan yang berlebih," tutur Kusnani, istri Chamlani kepada Tribun Jateng, Jumat (9/6/2017).

Permintaan keong di bulan Ramadhan meningkat hingga 500 persen dibanding hari biasa. Jika hari biasa Kusnani hanya masak 15-25 kilogram keong, bulan Ramadhan ia mampu menghabiskan 100 kilogram keong masak. Omset penjualannya pun meningkat tajam hingga Rp 5 juta per hari.

Anda bisa membeli keong per kilogram dengan harga Rp 40.000, atau membeli per porsi dengan berat tiga ons dengan harga Rp 15.000.

Chamlani memulai usaha tersebut sejak tahun 1995. Ia memanfaatkan bakat istrinya yang gemar dan pandai memasak keong. 

Pada awal membuka usaha, Chamlani hanya mampu menjual 5 kilogram keong perhari. Warungnya hanya buka saat bulan Ramadhan karena permintaan keong musiman.

Bisnis masakan keong mulai bergairah setelah sejumlah media massa mengekspos kuliner khas Purwokerto tersebut tahun 2004. Banyak pelanggan dari luar kota yang datang ke Purwokerto untuk mampir ke warungnya.

Artikel ini diambil dari Tribun Jateng dengan judul asli "Mudik Lewat Purwokerto Mampir Saja ke Warung Keong di Jalan Kauman Lama".

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com