Juada Garden, Vila Asri dan Tersembunyi di Seminyak - Kompas.com

Juada Garden, Vila Asri dan Tersembunyi di Seminyak

Kompas.com - 13/06/2017, 07:42 WIB
MADE AGUS WARDANA Suasana teduh di Juada Garden Vila Seminyak, Bali.

KOMPAS.com - Teriknya matahari Bali menyebabkan para turis melirik tempat istirahat yang asri dan ditumbuhi pepohonan rindang. Seakan-akan ingin melepaskan kepenatan dengan mencari suasana sejuk tanpa harus bersusah payah mencarinya jauh-jauh.

Vila ini cukup tersembunyi dari keramaian, tenang, bertetangga dengan obyek wisata pantai Seminyak serta harga pas di hati.

Di pagi hari yang sejuk pada bulan Mei 2017 saya berdiri persis di depan Juada Garden Vila Seminyak. Terletak hanya 5 menit dari deburan ombak pantai Seminyak yang menjadi idola para turis mancanegara di Bali.

(BACA: 4 Tempat Wisata Kuliner di Seputar Pantai Sanur)

Tiba-tiba saya disapa warga asing yang sedang mencari alamat Juada Garden. Karena dia bertanya saya pun menjawab sejujurnya.

Perbincangan demi perbincangan kita lantunkan.

MADE AGUS WARDANA Vila Juada Garden di Seminyak, Bali.
Tampaknya dia sangat antusias mengintip suasana keasrian Vila Juada Garden yang dilihat sebelumnya via google. Wisatawan asing ini sudah tergoda dari awal ingin menginap di vila yang letaknya tersembunyi.

Tiba di vila Juada Garden, tamu akan disuguhi keramahan pemiliknya yaitu I Nyoman Retu, warga asli Legian Kaja.

Nyoman tinggal bersama keluarga di Juada Garden yang luasnya 55 are atau 5.500 meter persegi.

(BACA: Krisis Diplomatik, Wisman Qatar Bisa Liburan ke Bali)

Berbekal semangat juang yang tinggi, tetap setia mempertahankan usaha wisata ini sejak tahun 1987.

Berawal dari pondok wisata sederhana, kemudian berkembang menjadi vila seperti sekarang ini. Upaya dan kerja keras membuahkan penghidupan yang layak bagi keluarga.

MADE AGUS WARDANA Kamar di Juada Garden Vila Seminyak, Bali.
Sesuai permintaan pasar dan menjamurnya vila, Juada Garden mengembangkan  diri dengan panduan kreatif membangun 15 unit vila. Fasilitas termodern dengan kolam renang privasi menjadi ramuan penggoda rasa.

Para turis akan bermanja ria dalam suasana desa, kicauan burung cerukcuk menyapa, angin sepoi berembus menggoyang daun pisang membuat tamu ingin bermanja di sini.

Saya menginap di Vila 2B selama 3 hari bersama istri dan anak. Kapasitas vila untuk 6 orang atau lebih asalkan ada kesepakatan dengan pemiliknya. Pokoknya ada kemudahan tersendiri dengan harga pertemanan yaitu Rp 1,8 juta per malam.

Desain vila ini sangat cozy berlantai 2 dengan 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, sofa tersedia di lantai 1 dan lantai 2, cocok untuk ngerumpi sambil berbaring. Di tengah-tengah terdapat dapur.

MADE AGUS WARDANA Kolam renang di Juada Garden Vila Seminyak, Bali.
Perabotan dapur seperti kulkas, kompor, microvave, toaster tersedia lengkap. Tamu seakan-akan terasa tinggal di rumah sendiri.

Perhatikan kenyamanan warga

Berbeda dengan 27 tahun yang lalu, ketika saya melewati gundukan sawah, di seputar jalanan Seminyak.

Dengan mengendarai motor melewati persawahan asri, menuju Legian dimana pacar saya menunggu dengan cinta berbunga-bunga.  Sawah dengan padi hijau menyambut kemesraan cinta kita saat itu.

Berbeda dengan sekarang, bangunan hotel jangkung dengan melupakan budaya setempat mendesak tanah warga lokal dengan uang kontrak miliaran. Mereka membangun tanpa memikirkan kenyamanan lingkungan warga.

MADE AGUS WARDANA I Nyoman Retu, pemilik Juada Garden Seminyak, Bali, bersama keluarga.
Sawah dihabisi, tempat teduh semakin menipis. Intinya membangun sebanyak-banyaknya dengan iming-iming memberikan pekerjaan.

Fakta di atas sudah menjadi biasa di telinga masyarakat setempat. Mereka tidak berdaya mengkritisi dan mengevaluasi hal-hal buruk yang terjadi. Padahal peran masyarakat lokal sangatlah penting untuk mengembangkan industri pariwisata yang pro lingkungan nyaman dan asri.

Untung saja dari sekian banyak pemilik bisnis wisata, Nyoman Retu masih setia menyayangi budaya lokal setempat. Dia mempertahankan keramahan lokal, kenyamanan lingkungan, menciptakan keteduhan alami seperti Vila Juada Garden. (MADE AGUS WARDANA)

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM