Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2017, 12:01 WIB

ORLANDO, KOMPAS.com - Perpaduan irama ketukan kaki dan tepukan tifa yang ditarikan oleh enam wanita-wanita cantik Indonesia seakan menghipnotis para penonton di tempat duduknya masing-masing.

Terpaku bukan hanya karena kelincahan gerakan tarian ini tapi juga akan keindahan busana yang dikenakan oleh para penari.

Dan ketika tarian berakhir, tepuk tangan dan decak kagum para penonton segera memenuhi seluruh ruangan Atrium Fashion Square Mall di Orlando, tempat penyelenggaraan acara Asian Cultural Festival 2017 pada tanggal 27 Mei 2017 lalu.

Tari Tifa dari Nusa Tenggara Timur -- sebagai simbol kebersamaan bunyi dan gerak -- adalah juga tarian untuk menyambut para tamu terpilih menjadi tarian pembuka pada Asian Cultural Festival 2017.

(BACA: Bus Wonderful Indonesia Mondar-mandir di Paris)

Penyelenggaraan Asia Cultural yang ke-6 kalinya ini diselenggarakan oleh Asian American Heritage Council of Central Florida (AAHC), organisasi induk yang memayungi 14 organisasi nirlaba dari berbagai negara di Asia Pasifik.

VIDA Florida adalah satu-satunya wakil dari Indonesia yang menjadi anggota AAHC selama 4 tahun terakhir ini.

DHARMA DATUBARA Tarian Indonesia tampil di Atrium Fashion Square Mall di Orlando, Amerika Serikat dalam pergelaran Asian Cultural Festival 2017 pada 27 Mei 2017.
VIDA Florida atau Voice of Indonesians in Florida memiliki misi utama mempromosikan kuliner, seni dan budaya serta wisata Indonesia di Florida.

VIDA, demikian nama panggilan organisasi ini, sejak kelahirannya tanggal 20 Mei 2013 tidak pernah absen mengikuti acara ini.

(BACA: Selain Raja Ampat, Ini 6 Tempat Wisata di Papua yang Indah)

Tahun ini AAHC dipimpin oleh Indonesia untuk pertama kalinya dan diwakili oleh mantan Ketua Umum VIDA (2015-2017) Putri Anglingkusumo.

“Walau kami telah lama tinggal di Florida, jauh dari negeri tercinta, tak kan ada seorang pun yang mampu menghalangi kecintaan kami terhadap indahnya tarian-tarian daerah di nusantara, kecintaan kami terhadap warna-warni busananya, dan terutama sekali, kecintaan kami akan tanah air," kata Wakil Ketua Umum VIDA masa bakti 2017-2019, Rosidah Siegel Harris di sela-sela kesibukannya mempersiapkan penari-penari Indonesia manggung.

Selain Tari Tifa, VIDA juga menurunkan Tari Kedidi dari Jambi, Tari Wira Pertiwi dari Yogyakarta, dan Tari Dayak Ngaju dari Kalimantan, di mana seluruh tarian mendapat sambutan yang sangat meriah.

DHARMA DATUBARA Tarian Indonesia tampil di Atrium Fashion Square Mall di Orlando, Amerika Serikat dalam pergelaran Asian Cultural Festival 2017 pada 27 Mei 2017.
VIDA juga tidak lupa membuka booth informasi tentang “Wonderful Indonesia” yang brosur-brosurnya diperoleh atas bantuan dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Houston, Texas.

“We are pleased to see so many people enjoy the festival and glad to be able to share our heritage and culture. The recognition from the City of Orlando keeps us going and makes us strong," demikian disampaikan oleh Gary CK Lau dari Asia Trend Magazine, majalah online Asia terbesar di daerah Central Florida, kepada penulis ketika ditanyakan mengenai kesan dan pesan beliau akan acara tersebut.  

Perlahan tapi pasti, pengurus dan anggota VIDA telah berperan sebagai duta bangsa dalam mempromosikan seni dan budaya Indonesia di Florida umumnya dan di Orlando khususnya. (Dharma Datubara/VIDA Florida)

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com