Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti di Balik Logo Baru 10 Daerah Wisata di Indonesia

Kompas.com - 15/06/2017, 04:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepuluh daerah di Indonesia baru saja mendapat logo baru, pengembangan logo besar 'Wonderful Indonesia' pada Rabu (14/6/2017). Dengan logo baru tersebut, diharapkan kunjungan wisata daerah yang telah siap dari segi amenitas, aksesibilitas, dan atraksi semakin meningkat.

"DNA logo jika dilihat masih sama dengan logo Wonderful Indonesia," sebut Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gede Pitana saat peluncuran logo baru 10 destinasi pariwisata di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (14/6/2017). Berikut adalah deskripsi dari logo dan slogan baru sepuluh destinasi pariwisata di Indonesia:

1. Medan, Sumatera Utara (Colorful Medan)

Logo bergambar kain yang membentuk huruf 'M' memiliki corak dan warna yang mengacu kepada warna dasar brand Wonderful Indonesia sekaligus menggambarkan keberagaman suku dan etnis yang tinggal di Medan, yang menjadi daya tarik serta potensi wisata. Tak lupa kuliner, keberagaman budaya, dan kekayaan alam Medan yang menjadi magnet wisata.

2. Kepulauan Riau (Wonderful Riau Island)

Perahu layang jung merepresentasikan kebudayaan Melayu dari Kepulauan Riau. Ini adalah salah satu unsur kebudayaan yang dilestarikan lewat permainan di Kepulauan Riau. Sedangkan ombak merepresentasikan kehidupan masyarakat Kepulauan Riau yang penuh dinamika.

3. Jakarta (Enjoy Jakarta)

Logo ini berbentuk Monumen Nasional, dengan lima garis melambangkan lima wilayah Jakarta yang bergerak lincah dan cepat sebagai simbol kemajuan zaman. Slogan 'Enjoy Jakarta' ditulis dengan huruf kecil untuk melambangkan kerendahan hati dan keterbukaan.

4. Bandung, Jawa Barat (Stunning Bandung, where the wonders of West Java begin)

Perpaduan bunga dan senjata kujang dipilih oleh Bandung sebagai simbol keindahan dan otentisitas jawa Barat. Slogan dalam bahasa Inggris untuk menjelaskan Bandung yang kaya sejarah, budaya, seni, dan kuliner, serta keindahan alamnya.

5. Yogyakarta, Solo, Semarang (Java Cultural Wonders)

Candi Borobudur dipilih tiga wilayah di Jawa Tengah ini. Garis di bawah candi adalah bentuk sulur adaptasi dari sayap burung garuda 'Wonderful Indonesia', juga mencerminkan konsep kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu, tingkat kehidupan manusia yang beragam.

6. Banyuwangi, Jawa Timur (Majestic Banyuwangi)

Terdiri dari elemen Blue Fire di Gunung Ijen, Ombak G Land di Alas Purwo, Pantai Sukamade, dan matahari terbit, karena matahari di Pulau Jawa pertama kali terbit di Banyuwangi.

7. Bali (The Island of Gods)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com