Mau Tiket Pesawat Murah? Ini Triknya... - Kompas.com

Mau Tiket Pesawat Murah? Ini Triknya...

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 15/06/2017, 05:09 WIB
Shutterstock ILUSTRASI - Saat merencanakan perjalanan, lakukan pemesanan jauh-jauh hari baik tiket pesawat dan kereta api, hotel, paket tur, sampai sewa mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli tiket pesawat dengan harga murah tentu punya tantangan. Ada yang rela bergadang bahkan rela berdesak-desakan di pameran wisata untuk mendapatkan tiket pesawat murah untuk liburan.

Tak banyak orang yang tahu trik-trik untuk mendapatkan tiket murah. Salah satunya adalah trik rahasia memesan tiket pesawat saat jam-jam tertentu.

Head of Operation Departement pegipegi.com, Steven Widi HS mengatakan pukul 11 siang maupun malam adalah salah satu waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat. Ia menyebut tak banyak orang tahu waktu terbaik untuk memesan tiket tersebut selain travel agent.

"Maskapai sendiri punya sistem namanya seat control. Jadi untuk membatalkan pemesanan tiket pesawat yang tidak aktif. Biasanya orang booking dulu dan belum bayar. Jam 11 itu saatnya maskapai cancel reservasi yang tidak aktif," kata Widi kepada KompasTravel di Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Ia mengatakan pada pukul tersebut pihak maskapai akan membatalkan pesanan tiket oleh pelanggan yang tak aktif baik secara otomatis maupun manual. Pembatalan tiket pesawat itu mulai dari yang kelas bangku yang termurah hingga termahal.

"Biasanya mereka (maskapai) ada kelemahan sistem di semua kelas. Begitu dia cancel, Mereka abis itu buka semua kelas. Misalnya ada customer yang booking di Y class dua seat. Begitu cancel, kelemahan di sistem maskapai langsung buka dua dua dua di semua kelas," ujarnya.

Seperti diketahui, setiap penerbangan memiliki kode kelas layanan untuk menentukan perbedaan kabin dan layanan di pesawat. Ada kode Y untuk kelas ekonomi (Economy Class), C untuk kelas bisnis (Business Class), dan F untuk layanan kelas satu (First Class).

"Padahal yang di-cancel dua bangku sebenernya tapi semua kelas dia (maskapai) buka semua kelas. Dari situ ada kesempatan. Mereka bisa booking di kelas termurah. Begitu di-booking, semua kelas yang lain langsung tutup," tambah laki-laki yang pernah bekerja di industri penerbangan hampir 15 tahun itu.

Menurutnya, trik tersebut bisa digunakan pada maskapai dalam maupun luar negeri. Nyatanya, sistem reservasi maskapai-maskapai di dunia menganut sistem yang serupa.

PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM