Lezatnya Bebek Garo Rica Sulawesi di Demak - Kompas.com

Lezatnya Bebek Garo Rica Sulawesi di Demak

Kontributor Demak, Ari Widodo
Kompas.com - 15/06/2017, 16:10 WIB
KOMPAS.com/ARI WIDODO Bebek Garo Rica.

DEMAK, KOMPAS. com - Para pecinta kuliner mungkin sudah tak asing dengan menu Bebek Garo Rica khas Sulawesi. Kuliner berbahan dasar unggas tersebut kini sudah hadir di Demak yang dikenal dengan 'Kota Wali' di Jawa Tengah. D'Taman Resto dan Angkringan Demaklah yang pertama kali menyajikan menu tersebut.

Dipatok dengan harga Rp 28.000 per porsi, lidah kita akan dimanjakan dengan kelezatan menu asli khas Sulawesi ini.

Bebek muda yang dimasak dengan bumbu kaya rempah seperti jahe, bawang merah, cabai, kunyit bawang putih, serai, kemangi dan tomat menjadikan bebek garo rica menjadi kuliner istimewa.

Kelezatan bebek garo rica mampu menarik para pecinta makanan untuk berlangganan di resto yang terletak di pusat kota Demak itu, tepatnya di Jalan Teuku Umar, Desa Katonsari, Kecamatan Demak Kota.

(BACA: Kesejukan Bogor Menjelma di Resto)

Tidak sulit menemukan resto di samping Gedung Koni Demak yang mudah dijangkau kendaraan umum dan hanya berjarak lima menit dari jalur pantura Demak itu.

Pengelola D'Taman Resto dan Angkringan, Yoyok Wahyu Jati, mengatakan, bebek garo rica merupakan kuliner andalan hasil kreasi olahan chef hotel bintang lima.

" Bebek garo rica di tempat kami termasuk ramah di kantong. Kalau di hotel-hotel satu porsinya bisa mencapai Rp 70.000," kata Yoyok kepada KompasTravel, Rabu (14/6/2017).

Garo rica yang renyah dan lembut di mulut menjadi rujukan para pelancong yang singgah ke resto di tengah taman ini. Selain itu pelanggan juga bisa mencicipi beragam menu andalan lainnya baik kuliner tradisional maupun internasional seperti pizza dan pasta italia.

Fadholi, warga Demak, salah satu pengunjung mengaku sering menikmati kuliner bebek garo rica. Selain harganya murah juga rasanya yang nikmat membuatnya ketagihan.

"Daging bebeknya garing tapi lembut di mulut. Rasanya gurih dan tidak bau amis. Kuahnya yang pedas dan segar bikin tambah nafsu makan. Pokoknya mantap, coba saja sendiri mas," kata Fadholi yang juga PNS Setda Demak.

D'Taman Resto dan Angkringan menyediakan kuliner hotel berbintang sampai kaki lima, sehingga bagi yang berkantong tipis, tak perlu ragu menikmati kuliner di resto ini.

Pengunjung masih bisa menikmati kuliner murah meriah berkonsep angkringan standar kaki lima, beraneka gorengan, nasi bungkus maupun aneka kudapan. "Semua kelas menyatu di sini, mau pegawai, pejabat, guru, karyawan, sopir maupun tukang becak menyatu di resto ini," kata Yoyok.

Pengunjung lainnya, Umar warga Demak, mengakui kuliner bebek garo rica di resto ini beda dari tempat lainnya. Rasa bebek garo tak jauh berbeda dari masakan penduduk asli Sulawesi hanya lebih mantap karena diolah oleh chef berpengalaman.

"Rasanya pas dan mantap. Kebetulan istri saya asli Sulawesi, makan bebek garo rica di sini rasanya seperti seperti mudik ke tanah kelahiran istri saya," kata Umar.

Jadi, makan bebek garo di Kota Demak bisa mengobati kangen akan kuliner Sulawesi bagi siapa pun yang pernah berkunjung ke sana.

PenulisKontributor Demak, Ari Widodo
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X