Masuk 10 Besar Maskapai Terbaik Dunia, Apa Keunggulan Garuda? - Kompas.com

Masuk 10 Besar Maskapai Terbaik Dunia, Apa Keunggulan Garuda?

Silvita Agmasari
Kompas.com - 17/06/2017, 07:14 WIB
Para awak kabin Garuda Indonesia berpose usai melakukan penerbangan bertajuk Kartini Flight di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (21/4/2017). Garuda Indonesia menggelar Kartini Flight dalam rangka menyambut Hari Kartini. Seluruh petugas penerbangan dari pilot, pramugari hingga teknisi adalah perempuan.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Para awak kabin Garuda Indonesia berpose usai melakukan penerbangan bertajuk Kartini Flight di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (21/4/2017). Garuda Indonesia menggelar Kartini Flight dalam rangka menyambut Hari Kartini. Seluruh petugas penerbangan dari pilot, pramugari hingga teknisi adalah perempuan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Garuda Indonesia baru saja mendapat tiga pengharaagn dari TripAdvisor Traveller's Choice Awards tahun 2017. Salah satu kategori paling bergengsi yang diraih adalah Garuda Indonesia adalah masuk dalam sepuluh besar maskapai terbaik di dunia.

"Bukan hal mudah menyenangkan orang, terutama bagi maskapai yang melayani perjalanan udara. Semua detail itu penting dan Garuda Indonesia melebihi ekspektasi," kata Vice President Flight TripAdvisor, Jami Counter saat memberikan penghargaan di Kantor Pusat Garuda Indonesia, Tangerang, Jumat (16/6/2017).

(BACA: Garuda Indonesia Masuk 10 Maskapai Terbaik Dunia)

Penghargaan yang diberikan lewat kuantitas dan kualitas dari para pengguna situs pejalan TripAdvisor dirasa oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N Mansury sebagai penilaian objektif karena berdasarkan penilaian langsung pengguna.

KompasTravel lantas melihat respon dari ulasan para pengguna TripAdvisor mengenai Garuda Indonesia di situsnya langsung. Total ada 2.794 ulasan yang diberikan kepada Garuda Indonesia.

Pramugari maskapai Garuda Indonesia membagikan coklat geratis kepada penumpang saat  penerbangan bertajuk Kartini Flight dalam perjalanan menuju Bandara Minangkabau Padang, Sumatera Barat, Jumat (21/4/2017). Garuda Indonesia menggelar Kartini Flight dalam rangka menyambut Hari Kartini. Seluruh petugas penerbangan dari pilot, pramugari hingga teknisi adalah perempuan.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Pramugari maskapai Garuda Indonesia membagikan coklat geratis kepada penumpang saat penerbangan bertajuk Kartini Flight dalam perjalanan menuju Bandara Minangkabau Padang, Sumatera Barat, Jumat (21/4/2017). Garuda Indonesia menggelar Kartini Flight dalam rangka menyambut Hari Kartini. Seluruh petugas penerbangan dari pilot, pramugari hingga teknisi adalah perempuan.
Dengan pembagian 1.450 ulasan yang merespon Garuda Indonesia luar biasa, 993 ulasan sangat baik, 203 ulasan biasa saja, 68 ulasan buruk, dan 80 ulasan sangat buruk.

"Pelayanannya keren banget, gak pernah kecewa sama maskapai plat merah ini. Mulai dari petugas check in, pramugari, petugas boarding gate. Masukan saja, entertaiment untuk anak-anak tolong diperbanyak," kata pengguna TripAdvisor, Putriayuper asal Indonesia.

(BACA: Ida Fiqriah, Pilot Kartini Flight Garuda Indonesia)

Ada juga pengguna asal Perth Australia, Fosseboy yang membandingkan pelayanan Garuda Indonesia 20 tahun lalu.

"Saya menggunakan Garuda Indonesia 20 tahun lalu dan itu pengalaman yang buruk. Kali ini mereka katakan pengalaman akan lebih baik, dan memang baik. Check in-nya cepat, dan kursinya oke tetapi saya tak mau lebih dari dua jam di kursi itu, pelayanan sangat ramah, pesawat modern, tetapi sistem hiburan buruk dibanding kompetitor," katanya.

Pahala Nugraha Mansury, mantan direktur keuangan Bank Mandiri, berpose usai menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) PT Garuda Indonesia Persero Tbk di Gedung Garuda City Center, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (12/4/2017). Pada RUPS tersebut Pahala Nugraha Mansury menggantikan posisi Arif Wibowo selaku direktur utama PT Garuda Indonesia.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Pahala Nugraha Mansury, mantan direktur keuangan Bank Mandiri, berpose usai menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) PT Garuda Indonesia Persero Tbk di Gedung Garuda City Center, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (12/4/2017). Pada RUPS tersebut Pahala Nugraha Mansury menggantikan posisi Arif Wibowo selaku direktur utama PT Garuda Indonesia.
Rata-rata pengguna TripAdvisor memuji layanan dari kru kabin, makanan yang lezat dengan porsi yang cukup besar, jadwal penerbangan yang tepat waktu, dan penerbangan yang lancar.

Meski begitu masih banyak masukkan untuk Garuda Indonesia perihal kenyamanan kursi pesawat khususnya bagi penumpang mancanegara, sistem dan konten hiburan, pelayanan ground handling, dan perubahan jadwal.

Berbagai masukan tersebut adalah tantangan bagi Garuda Indonesia agar dapat menjadi lima besar maskapai terbaik di dunia, bersaing dengan Emirates, Singapore Sirlines, Azul, Jet Blue, dan Air New Zealand.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSilvita Agmasari
EditorI Made Asdhiana
Komentar