Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Berburu Takjil Berbuka Puasa di Halal Street Chiang Mai

Kompas.com - 18/06/2017, 05:04 WIB
Jessi Carina

Penulis

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Menjalankan ibadah puasa di Chiang Mai, Thailand, rasanya sedikit berbeda dengan di Jakarta. Meski tidak ada perbedaan waktu antara Chiang Mai dan Jakarta, tetapi matahari terbenam lebih lama di Chiang Mai. Sehingga, waktu berbuka puasa di Chiang Mai lebih lama sekitar satu jam daripada Jakarta.

KompasTravel mengunjungi Chiang Mai atas undangan dari Tourism Authority of Thailand (TAT) dan merasakan berpuasa di sana. Mencari makanan halal di Thailand bisa dibilang susah-susah gampang. Biasanya saya memesan makanan dengan berbekal kalimat "Ni cai muu may ka?" yang artinya "apakah ini babi?".

KOMPAS.com/JESSI CARINA Suasana pusat makanan halal, Halal Street, di Chiang Mai, Thailand.

Namun, ternyata ada area pusat makanan halal di Chiang Mai yang bernama Halal Street. Halal Street Chiang Mai terletak di Charoen Prathet 1 Alley, tidak jauh dari Chiang Mai Night Bazaar.

Begitu masuk ke area ini, nuansanya begitu berbeda dengan jalan-jalan lainnya di Chiang Mai. Perempuan berkerudung dan laki-laki berpeci lalu lalang di jalan tersebut. Saya mengunjungi Halal Street pada Jumat (16/6/2017), menjelang waktu berbuka.

Di sepanjang jalan itu, para pedagang menjual makanan-makanan halal. Ada sosis goreng, bakso goreng, buah-buahan, dan makanan-makanan kering lainnya.

Saya membeli sosis goreng dan bakso goreng untuk berbuka. Harganya dibanderol 20 Baht atau sekitar Rp 8.000 untuk satu gorengan.

Jika berkunjung ke Chiang Mai, Halal Street bisa jadi tempat untuk berburu makanan halal atau takjil sebelum berbuka puasa. Setelah itu, Anda bisa shalat di Masjid Hidayatul Islam Banhaw yang letaknya tidak jauh dari situ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com