Menjajal Ayam Kremes Sambel Uleg dari McDonald's - Kompas.com

Menjajal Ayam Kremes Sambel Uleg dari McDonald's

Silvita Agmasari
Kompas.com - 19/06/2017, 14:07 WIB
Kompas.com/Silvita Agmasari Hidangan ayam kremes sambel uleg dari McDonalds.
 
 
JAKARTA, KOMPAS.com - McDonald's termasuk restoran cepat saji yang sering berinovasi dengan menu dan hidangan. Tiap negara punya karakteristik hidangan tersendiri. Termasuk di Indonesia.
 
Di bulan Ramadhan ini, khusus di Indonesia McDonald's menyajikan hidangan baru yaitu Ayam Kremes Sambel Uleg.
 
"Menu baru ini dalam rangka Ramadhan. Tiap Ramadhan McDonald's meluncurkan menu Ayam Kremes Sambel Uleg. Kita ingin yang dekat di lidah masyarakat Indonesia. Ayam kremes dan sambel uleg dekat dengan kehidupan sehari-hari, sering dibuat. Jadi nggak usah repot-rept buat sambel uleg, di McDonald's sudah ada," ujar Communication Sataff di McDonald's Indonesia, Zata Bening Awanis saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (17/4/2017). 
 
KompasTravel akhirnya menjajal hidangan dari McDonald's yang identik dengan hidangan asli Indonesia ini. Saat membeli, konsumen akan diberikan pilihan untuk paket ayam kremes sambel uleg biasa atau yang spesial. Perbedaanya hanya berada pada telur dadar khas McDonald's. Masing-masing menu sudah termasuk dengan minuman Sparkling Berry Tea. 
 
Selanjutnya konsumen akan mendapati ayam goreng tepung McDonald's. Bedanya dalam menu ini konsumen akan diberikan dua sachet tambahan yakni kremes dan sambel uleg. 
 
Pada bungkus kremes dituliskan jika komposisi kremes terdiri dari tepung terigu, tepung beras, bumbu ayam, dan rempah-rempah. Sedangkan pada bungkus sambel uleg, komposisi yang ditulis adalah air, cabe, minyak, garam, pati termodifikasi, MSG, bawang, terasi bubuk, cuka, oleo capsicum, pengawet sodium benzoat, dan sodium metabisulfit. 
 
Kompas.com/Silvita Agmasari Hidangan ayam kremes sambel uleg dari McDonalds.
Lantas bagaimana rasa dari ayam goreng tepung McDonald's yang diberi kremes dan sambel uleg ini? Pertama-tama mari hilangkan ekspetasi tentang sambel uleg segar, yang baru saja dibuat dari ulekan manual. Nyatanya sambel uleg di menu baru McDonald's ini lebih menyerupai saus sambal yang memiliki sedikit rasa terasi. Rasanya manis dan sedikit pedas. 
 
Dapat dimengerti karena McDonald's pada dasarnya adalah restoran cepat saji yang tentunya mengutamakan efisiensi, sangat terkenal dengan penyajian hidangan yang cepat untuk pelanggan. Sehingga rasanya cukup sulit jika ingin mendapati sambel uleg sesungguhnya. 
 
Kemudian untuk kremes, rasanya memang mirip dengan kremes di ayam goreng khas Indonesia, namun kremes di sini agak lebih padat sehingga lebih keras saat digigit. 
 
Di antara semua elemen menu baru ini, minuman Sparkling Berry Tea justru yang paling memuaskan. Komposisi sirup, soda, dan tehnya sempurna sehingga tak terlalu manis. Sirup berry yang lebih menyerupai pasta dengan puree buah berry juga membuat minuman ini tambah nikmat, apalagi untuk berbuka puasa. 
 
Menu baru di McDonald's ini dihargai Rp 38.000 (sudah termasuk pajak dan PPN) untuk hidangan Ayam Kremes Sambel Uleg biasa. Jika ingin yang spesial dengan tambahan telur, hanya perlu menambahkan Rp 5.000.
 
Menu baru ini dapat dinikmati di semua gerai McDonald's mulai tanggal 29 Mei 2017 selama persediaan masih ada. Namun, bocor Zata, karena animo masyarakat yang tinggi akan hidangan ini, diperkirakan persediaan Ayam Kremes Sambel Uleg dari McDonald's akan habis di akhir Ramadhan. 

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X