Mudik Lewat Cirebon, Ini 5 Kuliner Khas untuk Berbuka Puasa - Kompas.com

Mudik Lewat Cirebon, Ini 5 Kuliner Khas untuk Berbuka Puasa

Sri Anindiati Nursastri
Kompas.com - 19/06/2017, 21:07 WIB
KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Nasi Jamblang Khas Cirebon

KOMPAS.com - Jika mudik ke Jawa Tengah atau Jawa Timur, mampirlah sejenak di Cirebon. Kota ini punya banyak kuliner khas yang bisa disantap untuk berbuka puasa.

Berikut KompasTravel himpun lima kuliner khas untuk berbuka puasa di Cirebon.

Nasi Jamblang

Nasi jamblang adalah nasi yang disajikan dengan bungkusan daun jati, biasa disajikan dengan berbagai lauk.

Mulai dari tempe goreng, ikan asin, aneka pepes, ayam goreng, tumis cumi hitam, tumis udang, aneka sate, semur telur, gulai lidah, limpa sapi, paru goreng, dan banyak lagi.

Fikria Hidayat Nasi jamblang Mang Doel di Jalan HOS Cokroaminoto, Cirebon.

Pengunjung akan diberikan sebungkus nasi kemudian bebas memilih lauk yang diinginkan. Harga lauk bervariasi mulai dari Rp 3.000 sampai Rp 17.500.

Anda bisa menyambangi Nasi Jamblang Ibu Nur yang terletak di Jalan Cangkring II No 34, Nasi Jamblang Mang Dul di depan Grage Mall, dan Nasi Jamblang Pelabuhan yang berlokasi di dekat pintu masuk Pelabuhan Cirebon.

Mi Koclok 

Mi koclok adalah mie dengan kuah putih kental, sangat nikmat disantap hangat-hangat dan pas untuk berbuka puasa. Isinya mulai dari potongan telur rebus, ayam suwir, irisan tauge, kol, hingga daun bawang. 

Anda bisa menemukan mi koclok di pinggir-pinggir jalan Kota Cirebon. Kuliner ini biasanya buka jam berbuka puasa hingga tengah malam. 

Salah satu kedai yang terkenal adalah Mi Koclok Mas Edy di Jalan Lawang Gada, atau Mi Koclok Panjunan di Jalan Panjunan.

Empal Gentong

Siapkan perut Anda untuk menyantap empal gentong, makanan berkuah dengan aneka isian seperti potongan daging dan jeroan sapi.

KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Empal Gentong Haji Hasan, Cirebon

Isian yang umum digunakan ialah usus, babat, paru, limpa, dan daging sapi. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 20.000 per porsi. 

Di sepanjang Desa Battembat, ada banyak sekali warung makan empal gentong. Antara lain Empal Gentong Apud, Empal Gentong Bang JT, dan Empal Gentong Amarta.

Nasi Lengko

Nasi lengko pada dasarnya mirip dengan nasi pecel. Ini adalah nasi yang di atasnya diberi irisan timun, taoge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu. Disiram dengan bumbu kacang yang lumayan pedas, beserta taburan bawang goreng dan kucai. 

Nasi lengko bisa ditemui di seluruh sudut Kota Cirebon. Salah satu yang tersohor adalah Warung Nasi Lengko Haji Barno di Jalan Pagongan No 15B, Pekalangan, Pekalipan, Cirebon.

Docang

Docang adalah sajian khas Cirebon yang berbahan lontong, dicampur daun singkong, taoge, parutan kelapa, kerupuk, dan sambal docang yang sudah dikenal sejak jaman wali.

Campuran makanan kemudian disiramkan kuah panas yang diolah dari bumbu rempah pilihan, dan tempe bungkil atau oncom. 

KOMPAS/LUSIANA INDRIASARI Docang, makanan khas Cirebon.

Paduan bahan makanan dan kuah siap memberikan cita rasa, gurih, segar, sambal yang pedas, dan kehangatan di dalam tubuh Anda.

Beberapa referensi tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menyantap docang adalah sekitar Pasar Kanoman dan depan Stasiun Cirebon Kejaksan Cirebon di Jalan Siliwangi.

PenulisSri Anindiati Nursastri
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X