Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Donald Trump, Ini Kepala Negara dengan Fasilitas Pesawat Paling Mahal

Kompas.com - 20/06/2017, 05:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber telegraph

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat adalah alat transportasi paling efektif dan efisien untuk bepergian jarak jauh. Tak heran transportasi ini menjadi andalan banyak orang, termasuk para kepala negara.

Tentunya karena status dan tugas penting yang diemban, kepala negara biasanya diberikan fasilitas pesawat yang istimewa dengan harga yang fantastis. Dilansir dari Telegraph, inilah hitung mundur daftar kepala negara di dunia yang difasilitasi pesawat dengan harga fantastis:

6. Xi Jinping

Agak berbeda dengan kepala negara lainnya, kepala negara China ini tak difasilitasi pesawat khusus kepresidenan. Namun jika ia perlu menggunakan pesawat, tersedia dua Boeing 747-400 dari maskapai Air China yang biasa terbang melayani penumpang umum.

Hanya saja jika Xi Jinping yang terbang, pesawat akan diperiksa secara ketat dan tempat duduk di kabin akan dilepas, diganti menjadi ruang tamu, ruang tidur, dan kantor. Total harga pesawat berkisar 195 juta Euro atau setara Rp 2,8 triliun.

5. Emmanual Marcon

Presiden baru Perancis yang berusia tergolong muda ini difasilitasi Airbus A330, dan dua pesawat jet Dassault Falcon 7XS. Fasilitas mewah seperti kamar tidur, ruang ganti, dapur, kantor, dan ruang kedap suara untuk negosiasi ada di pesawat Presiden Perancis. Total harga pesawat berkisar 210 juta Euro atau setara Rp 3 triliun.

4. Angela Merkel

Kanselir Jerman difasilitasi sejumlah pesawat antara lain adalah pesawat bekas Lufthansa, Airbus A340 yang dimodifikasi ulang menjadi ruang VIP dengan kamar tidur dan teknologi keamanan tambahan.

Pesawat lainnya adalah dua Airbus A319 dan Bombardier Global 5000. Semua dilengkapi dengan teknologi pertahanan anti-rudal. Ada pula Eurocopter AS532 digunakan untuk perjalanan domestik. Total harga pesawat Merkel adalah 235 juta Euro atau setara Rp 3,5 triliun.

3. Vladimir Putin

Presiden Rusia terbang dengan pesawat tempur buatan Rusia. Ada tiga pesawat yang mirip identik untuk mengecoh keberadaan Vladimir Putin.

Pesawat dengan kabin mewah ini dilengkapi pusat komando komunikasi dan teknologi tempur canggih lainnya. Harga pesawat Putin berkisar 390 juta Euro atau setara Rp 5 triliun.

2. Donald Trump

Pesawat tumpangan presiden Amerika Serikat memiliki nama yang sudah mendunia, Air Force One. Pesawat ini berjenis Boeing 747-200B yang telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Halaman:
Sumber telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com