Bukan Donald Trump, Ini Kepala Negara dengan Fasilitas Pesawat Paling Mahal - Kompas.com

Bukan Donald Trump, Ini Kepala Negara dengan Fasilitas Pesawat Paling Mahal

Silvita Agmasari
Kompas.com - 20/06/2017, 05:02 WIB
news.com.au Air Force One dengan disain khusus bisa mengitari sepertiga dunia tanpa harus mengisi ulang bahan bakar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat adalah alat transportasi paling efektif dan efisien untuk bepergian jarak jauh. Tak heran transportasi ini menjadi andalan banyak orang, termasuk para kepala negara.

Tentunya karena status dan tugas penting yang diemban, kepala negara biasanya diberikan fasilitas pesawat yang istimewa dengan harga yang fantastis. Dilansir dari Telegraph, inilah hitung mundur daftar kepala negara di dunia yang difasilitasi pesawat dengan harga fantastis:

6. Xi Jinping

Agak berbeda dengan kepala negara lainnya, kepala negara China ini tak difasilitasi pesawat khusus kepresidenan. Namun jika ia perlu menggunakan pesawat, tersedia dua Boeing 747-400 dari maskapai Air China yang biasa terbang melayani penumpang umum.

Hanya saja jika Xi Jinping yang terbang, pesawat akan diperiksa secara ketat dan tempat duduk di kabin akan dilepas, diganti menjadi ruang tamu, ruang tidur, dan kantor. Total harga pesawat berkisar 195 juta Euro atau setara Rp 2,8 triliun.

5. Emmanual Marcon

Presiden baru Perancis yang berusia tergolong muda ini difasilitasi Airbus A330, dan dua pesawat jet Dassault Falcon 7XS. Fasilitas mewah seperti kamar tidur, ruang ganti, dapur, kantor, dan ruang kedap suara untuk negosiasi ada di pesawat Presiden Perancis. Total harga pesawat berkisar 210 juta Euro atau setara Rp 3 triliun.

4. Angela Merkel

Kanselir Jerman difasilitasi sejumlah pesawat antara lain adalah pesawat bekas Lufthansa, Airbus A340 yang dimodifikasi ulang menjadi ruang VIP dengan kamar tidur dan teknologi keamanan tambahan.

Pesawat lainnya adalah dua Airbus A319 dan Bombardier Global 5000. Semua dilengkapi dengan teknologi pertahanan anti-rudal. Ada pula Eurocopter AS532 digunakan untuk perjalanan domestik. Total harga pesawat Merkel adalah 235 juta Euro atau setara Rp 3,5 triliun.

3. Vladimir Putin

Presiden Rusia terbang dengan pesawat tempur buatan Rusia. Ada tiga pesawat yang mirip identik untuk mengecoh keberadaan Vladimir Putin.

Pesawat dengan kabin mewah ini dilengkapi pusat komando komunikasi dan teknologi tempur canggih lainnya. Harga pesawat Putin berkisar 390 juta Euro atau setara Rp 5 triliun.

2. Donald Trump

Pesawat tumpangan presiden Amerika Serikat memiliki nama yang sudah mendunia, Air Force One. Pesawat ini berjenis Boeing 747-200B yang telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Sebenarnya pesawat presiden AS yang kini mengangkut Donald Trump memiliki kembaran, yakni Boeing C-32 dengan ukuran lebih kecil. Digunakan untuk mendarat di landasan yang lebih sempit.

Pesawat Presiden AS memiliki pusat komunikasi yang aman, fasilitas medis mewah, gym, kantor, satu ruang tidur mewah, dan kabin terpisah untuk jurnalis. Harganya? 780 juta Euro atau setara dengan Rp 11 triliun.

1. Tamim bin Hamad Al Thani

Salah satu orang terkaya di muka bumi yakni pemimpin negara dan monarki negara Qatar, Tamin Bin Hamad Al Thani, tak hanya memiliki satu pesawat.

Tercatat Tamim bin Hamad Al Thani memiliki dua Airbus A320, dua Airbus A330S, dan dua Boeing 747-8. Pesawat-pesawatnya mampu menampung 1.000 orang pemerintahan dan keluarga bangsawan.

Contohnya saat perjalanan dinas ke Jepang, ia memboyong 10 pesawat sekaligus. Total prediksi nilai pesawat-pesawat Tamim bin Hamad Al Thani adalah 1,2 miliar Euro atau setara dengan Rp 178 triliun!

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Sumbertelegraph
Komentar