Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Restoran di Solo yang Paling Dipadati Pemudik

Kompas.com - 21/06/2017, 05:07 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

 

SURAKARTA, KOMPAS.com – Mencari tempat makan di jalur mudik merupakan sesuatu yang penting tapi cukup membingungkan. Selain rest area, belum banyak tempat makan besar yang dekat dengan pintu tol.

KompasTravel bersama tim Merapah Trans Jawa saat memantau mudik Lebaran 2017 mendapatkan salah satu restoran yang dekat dengan tol Solo - Ngawi - Kertosono.

Restoran bernama Dapur Solo ini berjarak sekitar 1,5 kilometer sebelah selatan pintu tol Colomadu, tepatnya di Jalan Adi Sucipto No 34 – Edupark UMS Barat, Surakarta. Tempat ni juga tak jauh dari Bandara Udara Adi Sucipto Solo, hanya memakan waktu 15 menit perjalanan.

Makanan yang disajikan di Dapur Solo sangat beragam. Aneka hidangan solo disajikan mulai dari tengkleng, asem-asem ikan, botok, dan masih banyak lagi. Setiap harinya ada sekitar 50 menu yang disajikan.

“Kalau mendekati Lebaran sampa pasca (Lebaran) itu ribuan orang bergantian di jam-jam malam. Sangat ramai keluarga, mankanya saya pasang tenda-tenda tambahan,” ujar Nardi selaku manager Dapur Solo kepada KompasTravel.

KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Ayam bakar klamut yang menjadi hidangan khas Dapur Solo.

Nardi mengaku lonjakan pengunjung datang mulai pukul 17.00-20.00 WIB. Oleh karena itu, ia merekomendasikan pengunjung untuk reservasi. Sedangkan di luar jam itu, buka mulai pukul 07.00-22.00 WIB.

Aneka hidangan dibanderol berkisar Rp 10.000 – Rp 38.000, sedangkan minuman mulai Rp 3.000 – Rp 10.000.

Konsep suasana yang ditawarkan memang tak lepas dari budaya Jawa. Seperti pendopo, dan saung-saung kecil sebagai lokasi pilihan makan.

Bagi yang membawa buah hati, Anda bisa bermain ruang terbuka hijau seluas enam setengah hektar. Di dalamnya terdapat jogging track, hutan buatan, hingga lapangan bola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com