Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Atraksi untuk Wisatawan di Yogyakarta Selama Libur Lebaran

Kompas.com - 21/06/2017, 20:03 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah atraksi dan acara hiburan bakal meramaikan libur Lebaran 2017 di DI Yogyakarta. Atraksi dan acara hiburan itu digelar di sejumlah lokasi yang bakal ramai dikunjungi wisatawan pada liburan nanti.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Aris Riyanta mengatakan, atraksi itu tersebar di sejumlah destinasi wisata di Kota Yogyakarta, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul.

Atraksi itu untuk menambah kepuasan dan menghibur wisatawan ketika berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di DIY.

“Kami koordinasi dengan dispar kota/kabupaten terkait dengan atraksi untuk memberikan pelayanan dan memberikan kenyamanan wisatawan dalam bentuk event,” ujar Aris di Yogyakarta, Rabu (21/6/2017).

Menurut Aris, atraksi untuk menyambut wisatawan itu mulai digelar 24 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017. Menurutnya, bentuk atraksi itu berupa kegiatan seni, musik, dan budaya.

Di Kabupaten Bantul, misalnya, ada pentas seni di Pantai Baru yang digelar 27 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017. Acara itu digelar mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB.

KOMPAS.com/DANI J Pantai Goa Cemara di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta dipenuhi rimbun pohon cemara di kanan-kiri jalan dengan dahannya yang menjuntai saling bertemu membentuk gapura.
Selain itu, juga ada pentas seni di Goa Cemara dan Goa Selarong pada 27 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017 pukul 10.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. “Jadwal itu sudah kami susun dan sudah tersebar di kota/kabupaten,” kata Aris.

Untuk kota/kabupaten lainnya, berdasarkan jadwal atraksi yang diberikan Dispar DIY, hanya ada satu atraksi yang bakal digelar di Kabupaten Kulon Progo, yaitu di Pantai Glagah. Di pantai tersebut diadakan Pentas Lebaran Kesenian Tradisional pada 27 Juni 2017.

Adapun Kabupaten Sleman, ada pentasi seni di Panggung Kaliurang yang mulai 26 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017 pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Di panggung Kaliurang itu dipentaskan sejumlah kesenian tradisional seperti seni religius, jatilan, orkes melayu, dan campur sari.

Tak hanya di Kaliurang, sejumlah atraksi juga ditampilkan di Candi Prambanan. Satu di antaranya Pentas Sendratari Ramayana Spesial lebaran di Open Stage Theater Prambanan pada 25 Juni 2017 sampai 30 Juni 2017. Pentasi itu digelar pukul 19.30 WIB sampai pukul 21.30 WIB.

Pada siang hari ada atraksi di area Taman Wisata Candi Prambanan seperti Jatilan, Cokekan, pentas musik, pameran kepurbakalaan, dolanan tempoe doeloe, photo both, exhibition batik, dan jalur payung teduh. Sesuai jadwal yang diperoleh, kegiatan itu digelar pada 25 Juni 2017 sampai 3 Juli 2017.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pengunjung menikmati senja di pelataran Candi Prambanan, DI Yogyakarta, Selasa (24/5/2011). Candi Prambanan telah menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia dan kemegahannya terus menghadirkan daya tarik bagi wisatawan dari berbagai penjuru dunia.
Atraksi hiburan juga digelar di area Taman Wisata Candi Ratu Boko. Antara lain, musik keroncong, musik campur sari, jalur payung teduh, Cokekan, Gejug Lesung, Srandul, Elektune, dan Wanara. Acara tersebut digelar pada 25 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017.

Di Kota Yogyakarta, ada kegiatan bertajuk Pentas Kangen Jogja pada 24 Juni 2017 dan Bakdo Kupat pada 2 Juli 2017. Pentas kangen Jogja bakal digelar di Monumen Serangan Umum 1 Maret, sedangkan Bakdo Kupat bakal dilaksanakan di Pandeyan.

Sementara di Kabupaten Gunungkidul atraksi jatilan dan campur sari digelar di Pantai Sundak, Pantai Watulumbung, Pantai Krakal, dan Pantai Ngobaran. Selain pantai, atraksi serupa juga digelar di Sri Gethuk, Nglanggeran, dan Kali Suci. Atraksi di lokasi wisata tersebut digelar mulai pukul 12.30 WIB sampai selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com