Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Kuliner Wajib Coba dari Tanah Kelahiran Jokowi

Kompas.com - 21/06/2017, 21:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo lahir di Surakarta (Solo), Jawa Tengah, 56 tahun silam. Kota kelahiran beliau bagaikan surga kuliner. Bagaimana tidak, kuliner di Solo sungguh variatif dengan rasa jempolan dan harga yang tergolong murah. Wisata kuliner rasanya sangat sayang dilewatkan jika berkunjung ke Solo.

Dihimpun KompasTravel, berikut adalah daftar kuliner di Solo yang patut untuk dicoba:

1. Tengkleng

Tengkleng adalah sop bening bewarna kuning dengan isi jeroan dan daging kambing. Meski bewarna kuning, tengkleng jelas bukan soto. Kuah kaldunya begitu kaya rasa dan tak meninggalkan kesan rasa berat.

Salah satu tengkleng favorit warga Solo adalah Tengkleng Mbak Diah di Jalan Ir Soekarno. Mbak Diah menggunakan 25 bumbu masak dan memasak kambing hingga lima jam.

KOMPAS.COM/M Wismabrata Sate buntel khas Solo.

2. Sate buntel

Orang Solo terkenal handal mengolah kambing. Jika Anda termasuk golongan anti menyantap daging kambing, untuk pertama kalinya cobalah sate buntel di Solo. Sate buntel sejatinya adalah daging kambing cincang halus, yang kemudian 'dibuntel' ke lapisan minyak kambing sehingga tak membuat daging giling terburai.

Rasanya sama sekali tak alot, harum, dan bumbunya meresap sempurna. Sama sekali tak ada bau kambing di sate buntel. Kios sate buntel yang terkenal di Solo adalah Sate Buntel Ibu Hj. Bejo di Jl Perunggu 10, Lojiwetan Solo.

Tribunsolo.com/Imam Saputro Nasi liwet

3. Nasi liwet

Nasi liwet sangat mudah ditemui di Solo. Berbeda dengan nasi liwet di tanah Sunda, nasi liwet Solo dimasak dengan santan dan disajikan dengan ayam opor, sambal goreng jipang, dan areh atau gumpalan santan. Salah satu yag terkenal adalah nasi liwet buatan Bu Sri yang berjualan di dekat pintu gerbang Pasar Gede Solo.

Silvita Agmasari Bebek goreng Pak H. slamet Asli di Kartasura.

4. Bebek goreng

Selain handal mengolah kambing, orang Solo juga handal mengolah bebek yang notabenenya adalah daging yang sulit diolah. Restoran Bebek Goreng H Slamet "Asli" yang terletak di Sedahromo Lor, Kartasura, Sukoharjo.

Silvita Agmasari Hidangan Selat Galantin Kuah Saos dari Selat Mbak Lies.

5. Selat Solo

Selat adalah adaptasi dari makanan ala Barat, salad. Disajikan dengan sayuran, saus kental, dan daging bistik. Restoran Selat Solo yang terkenal adalah Selat Mbak Lies di jalan Yudhistira.

6. Timlo

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com