Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jadwal Syawalan dengan Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Kompas.com - 23/06/2017, 07:31 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekaligus Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menyelenggarakan acara syawalan di Bangsal Kepatihan.

Masyarakat DIY yang ingin bersalaman langsung dengan Sultan boleh datang ke kantor yang berada di Jalan Malioboro, Senin (3/7/2017) pukul 08.00 WIB.

“Setelah cuti bersama dan libur nasional dalam rangka Idul Fitri 2017 kami menyelenggarakan open house dengan masyarakat,” ujar Kabid Humas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY, Amiarsi Harwani, ketika ditemui di kantor Kepatihan, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Kamis (22/6/2017).

Dalam acara itu, menurut Amiarsi, Sultan bersama GKR Hemas akan didampingi Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X beserta GKBR Ay Adipati Paku Alam X.

(BACA: Ini Atraksi untuk Wisatawan di Yogyakarta Selama Libur Lebaran)

Amiarsi memaparkan, tak ada syarat khusus bagi masyarakat yang datang ke bangsal kepatihan.

“Tapi yang hadir dimohon berpakaian sopan dan rapi, tidak menggunakan sandal ataupun kaus oblong. Masyarakat diharap antre dengan rapi dan tidak berdesak-desakan untuk dapat bersalaman,” kata Amiarsi.

(BACA: Ayam Jambak-jambakan, Kuliner Kekinian di Yogyakarta)

Sambil menunggu antrean untuk bersalaman dengan Gubernur, lanjut Amiarsi, masyarakat akan dihibur kesenian tradisional cokekan. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya setelah bersalaman masyarakat dapat menikmati hidangan yang telah disediakan.

“Sedangkan halal bihalal dengan Abdi Dalem Keraton Kasultanan dan Puro Pakualaman akan dilaksanakan pada hari Senin, 20 Juli 2017 pukul 09.00 WIB bertempat di Bangsal Kepatihan Yogyakarta,” kata Amiarsi.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Wisatawan mengunjungi Keraton Yogyakarta, di Yogyakarta, Jumat (5/8/2016).
Selain open house, Gubernur DIY juga akan melaksanakan serangkaian Syawalan ke kabupaten/kota. Rencananya, Sultan akan mendatangi Pendapa Rumah Dinas Bupati Sleman pada Jumat (7/7/2017).

Setelah itu, Sultan akan menyambangi Pendapa Parasamya, Kabupaten Bantul, Senin (10/7/2017). Sultan juga akan bertandang ke Gedung Kesenian, Kulon Progo Selasa (11/7/2017).

Untuk agenda ke Kota Yogyakarta, Sultan akan mendatangi ke Graha Pandawa Balai Kota, Rabu (12/7/2017). Terakhir, Sultan akan mendatangi Bangsal Sewoko Projo, Gunungkidul, Kamis (13/7/2017). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com