Liburan Keluarga Obama Berkah untuk Pariwisata Bali - Kompas.com

Liburan Keluarga Obama Berkah untuk Pariwisata Bali

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 23/06/2017, 22:14 WIB
REPRO BIDIK LAYAR VIA YOUTUBE Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang muncul dalam sebuah rekaman video, untuk memberikan dukungan kepada Calon Presiden Perancis Emmanuel Macron.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedatangan mantan presiden ke-44 Amerika Serikat ke, Barack Obama ke Bali seperti menjadi berkah bagi pariwisata Pulau Dewata. Obama direncanakan berlibur ke Bali dari Jumat (23/6/2017) hingga Rabu (28/6/2017).

Ketua Perhimpunan Restoran dan Hotel Indonesia (PHRI) wilayah Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan bahwa kedatangan Obama akan meningkatkan citra keamanan, daya tarik obyek wisata, dan amenitas di Bali.

"Kami yakin, tidak saja Obama dan rombongannya yang akan berceritera tentang Bali, yang lebih menguntungkan lagi adalah promosi lewat media sosial yang di-upload selama beliau di Bali," kata laki-laki yang akrab disapa Cok Ace itu.

BACA: Mengintip Hotel Tempat Obama Menginap di Bali

Ia juga menyebut kunjungan Obama juga secara langsung turut mendatangkan wisatawan ke Bali. Hal itu lantaran Obama turut membawa rombongan berlibur ke Bali.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Obama merupakan endorser yang efektif untuk menarik minat wisatawan mancanegara datang ke Bali. Arief menyebut saat Obama memilih obyek wisata yang ia suka, maka wisatawan mancanegara lainnya bakal turut memilih yang sama dengan Obama.

"Point saya, manfaatkan endorser yang ada. Pelajarannya semakin mahal endorser, semakin murah views-nya. Obama itu sudah hebat, gratis pula," ujar Arief beberapa waktu lalu.

Akun Instagram Barack Obama, @barackobama sendiri memiliki 13,2 pengikut (followers). Sementara pada akun Twitter, memiliki 91,1 juta pengikut.

Endorser pariwisata Indonesia oleh tokoh-tokoh kenegaraan juga pernah dirasakan sebelumnya. Salah satu yang teringat adalah liburan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud.

BACA: Seperti Apa Kamar Tempat Obama Menginap di Ubud?

Obama sendiri tiba di Bali melalui Bandara International Ngurah Rai pada Jumat (23/6/2017). Selama di Bali dia akan menginap selama lima hari di Four Seasons Resort, Desa Sayan, Ubud, Gianyar

Obama berkunjung ke Bali bersama 13 orang lainnya antara lain istri, anak-anaknya dan iparnya. Hingga saat ini belum diketahui ke mana saja Obama akan berkunjung ke tempat-tempat wisata di Bali.

Dari informasi yang dihimpun Kompas.com, sudah ada empat tempat yang disurvei pihak Istana Kepresidenan Amerika Serikat dan Kemenlu. Satu di antaranya adalah Istana Tampak Siring yang kemungkinan besar menjadi tujuan liburan Obama ke Bali.  

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM