Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2017, 04:22 WIB
Auzi Amazia Domasti

Penulis

KOMPAS.com – Lebaran di Indonesia identik dengan berbagai makanan lezat yang mengundang selera. Biasanya opor ayam, gulai, ketupat, dan kue-kue kering seperti putri salju dan kastengel turut dinikmati saat berkumpul bersama keluarga.

Di negara lain pun, perayaan lebaran belum lengkap tanpa hidangan istimewa. Berikut aneka makanan khas lebaran dari beberapa negara yang mempunyai banyak penduduk muslim,

1. Mesir
Sesuai tradisi, kue yang selalu disajikan ketika lebaran di Mesir adalah Kahk. Orang Mesir biasa memakannya sebagai sarapan.

Kahk merupakan kue manis berisi kacang-kacangan seperti walnut, agameya (sejenis madu) yang dilapisi gula halus di luarnya. Selain kacang, isi Kahk juga bisa diganti dengan kurma.

2. Turki
Hari lebaran tak akan lengkap tanpa Baklava, hidangan manis yang wajib dan populer di Turki. Mengutip dari dailysabah.com pada Jumat (1/07/2016), baklava terbuat dari lapisan tepung pastry berisi krim dan kacang, lalu disajikan bersama madu atau sirup.

Seorang mahasiswi asal Turki, Tugba Yoldas juga menjelaskan lebaran di Turki disebut dengan “Seker bayrami” yang artinya festival makanan manis. “Itu karena kami menyajikan banyak makanan manis dari berbagai daerah di Turki, termasuk baklava, turkish delight, permen, dan coklat,” kata Tugba, Sabtu (23/06/2017)

3. Somalia
Usai solat Ied, keluarga muslim di Somalia menyiapkan roti khusus bernama Cambaabur. Tekstur cambaabur mirip seperti crepe dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, dan cabai.  

www.waryapost.com Roti bentuk crepe khas Somalia, bernama Cambaabur menjadi hidangan khas saat lebaran.
Mengutip dari aljazeera.com pada Selasa (5/07/16), Cambaabur yang terbuat dari tepung bisa ditaburi gula dan disajikan dengan yoghurt.

4. Afghanistan
Orang-orang di Afghanistan menyiapkan roti tipis (flatbread) yang disebut Bolani untuk merayakan Idul Fitri. Roti ini diisi dengan bayam, labu, kentang, atau lentil hijau.

Makanan ini bergizi dan juga cocok untuk diet karena mengandung nutrisi yang lengkap. Tak hanya karbohidrat, Bolani juga mengandung protein, fiber, dan vitamin.

5. India
Negara dengan 180 juta penduduk muslim ini menyediakan semangkuk Seviyan ki Kheer sebagai makanan wajib saat Idul Fitri. Seviyan berbentuk panjang mirip spaghetti. Makanan ini terbuat dari susu, gula, dan dibumbui dengan carmamom-sejenis kayu manis.

Sebagai hiasan akhir, Seviyan bisa disajikan dengan irisan kacang almond.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com