Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atraksi Barongsai Hibur Wisatawan di Sam Poo Kong Semarang

Kompas.com - 26/06/2017, 10:21 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Atraksi barongsai hibur warga yang berkunjung ke Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang, di hari libur Lebaran, Minggu (25/6/2017). Pertunjukan itu pun mengundang decak kagum mereka.

"Kami sengaja datang ke sini melihat barongsai. Di hari biasa kadang ada tapi tidak sempat menonton karena kerja. Anak saya yang paling kecil yang paling antusias ingin melihat barongsai," ucap Daniel (40), warga Semarang, Jawa Tengah.

Hal senada diungkapkan Linda (40). Pengunjung dari Jakarta yang sedang mudik ke Semarang ini berwisata ke Sam Poo Kong karena ingin melihat perubahan kelenteng tersebut. Juga, melihat festival kesenian yang digelar pihak kelenteng.

(BACA: Makanan yang Wajib Anda Coba Saat Berburu Kuliner di Semawis Semarang)

(BACA: Serunya Belanja di Kampung Batik Semarang)

"Sejak merantau dan tinggal di Jakarta, belum pernah ke sini. Dulu, terakhir kali saya ke sini, Sam Poo Kong belum sebagus ini. Selain itu, belum ada festival kesenian seperti barongsai. Berhubung sedang mudik ke rumah saudara di Manyaran, sekalian mampir di Sam Poo Kong bersama keluarga besar," kata Linda.

Pantauan tribunjateng.com, banyak pengunjung yang melakukan foto bersama di area plasa utama. Di plasa ini terdapat patung Laksamana Cheng Ho.

Sebagian pengunjung lain memilih memasuki bangunan kelenteng yang digunakan berdoa.

KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Sam Poo Kong merupakan salah satu destinasi favorit di Semarang, Jawa Tengah. Terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang terbuat dari perunggu dengan tinggi 12 meter.
Pengunjung yang tetap ingin masuk ke bangunan ini membayar biaya tambahan, dewasa Rp 20.000 sedangkan anak-anak Rp 15.000 saat libur Lebaran ini.

Seorang petugas parkir mengatakan, pengunjung mulai ramai memadati Sam Poo Kong setelah Shalat Id. Dia memprediksi, hari ini (Senin) puncak kunjungan wisatawan di libur Lebaran.

Menurutnya, pengunjung yang datang didominasi wisatawan dari luar Kota Semarang, bahkan mancanegara.

Untuk meningkatkan kenyaman pengunjung, selama libur Lebaran, terdapat posko kesehatan dan stan kuliner di kawasan Sam Poo Kong. Selain itu, juga disediakan musala bagi Muslim. (Tribun Jateng)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com