Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Wisata Edukatif Selama Libur Lebaran

Kompas.com - 28/06/2017, 11:00 WIB
Cahyu Cantika Amiranti

Penulis


KOMPAS.com – Bingung mau mengajak keluarga berwisata ke mana selama libur lebaran ini? Tempat wisata edukatif bisa menjadi pilihan tepat.

Dengan berwisata ke tempat bermain sambil belajar, anak dapat bersenang-senang sambil menambah wawasannya. Anak pun tak berhenti menabung ilmu pengetahuan meski sedang berlibur.

Tak perlu khawatir, hampir di semua kota besar telah terdapat tempat wisata edukatif. Kompas.com pun telah merangkum beberapa tempat wisata edukatif di sekitar pulau Jawa yang dapat menjadi pilihan.

1. TeamLab Future Park

Tempat wisata edukatif tersebut awal mulanya didirikan di Jepang pada 2001 oleh para lulusan Universitas Tokyo. Namun, lambat laun TeamLab Future Park mulai melebarkan sayapnya ke negara lain, di antaranya Amerika, Korea, Inggris, dan Turki. Hingga akhirnya pada 5 Juni – 8 Oktober 2017 mereka bekerja sama dengan Mall Plaza Indonesia, Jakarta Pusat untuk membuka ekshibisi sementara di Indonesia.

Di sana, pengunjung segala usia dapat menikmati beragam alat permainan edukatif yang didukung dengan teknologi digital. Contohnya, pengunjung bisa menempatkan balok kayu di atas layar digital di berbagai posisi hingga akhirnya terbentuk perkotaan visual. Atau, anak bisa menggambar bangunan dan kendaraan yang kemudian di-scan ke dalam bentuk tiga demensi (3D) hingga akhirnya muncul di layar virtual.

Contoh permainan lain, bola yang warnanya bisa berubah dan mampu mengeluarkan suara ketika diayunkan. Jika ingin berkunjung ke sini, Anda harus membayar tiket dengan harga Rp 100.000 untuk anak dan Rp 120.000 untuk orang dewasa pada hari biasa. Atau, Rp 120.000 untuk anak dan Rp 150.000 untuk orang dewasa pada akhir pekan.

2. Godong Ijo

Apabila Anda ingin berwisata edukasi sambil menghirup udara segar di ruang terbuka, Godong Ijo yang terletak di Depok, Jawa Barat, dapat menjadi pilihan. Bagi wisatawan yang suka tanaman, mereka dapat berjalan-jalan di taman vertikal. Sementara itu, bagi pengunjung yang senang memancing, Godong Ijo juga memiliki sarana pemancingan.

Tak hanya itu, tempat tersebut juga menyediakan beragam pilihan wisata edukatif. Misalnya, membatik, koki cilik, dokter cilik, robotik, bermain angklung, pojok reptil, dan permainan tradisional lainnya. Harga tiket masuknya pun bervariasi, sesuai dengan jenis pilihan kegiatan. Rentang harganya adalah Rp 15.000 – Rp 100.000.

3. Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga berada di satu kompleks dengan Taman Pintar Yogyakarta. Museum ini sangat cocok didatangi anak-anak karena menampilkan lebih dari 700 permainan tradisional. Mainan yang dipajang merupakan hasil buatan tangan dan memiliki unsur budaya. Contohnya, gasing, mobil-mobilan kayu, dan mainan dari kertas.

thinkstock/underworld111 Ilustrasi mobil-mobilan dari kayu
Dengan berkunjung ke sana, diharapkan anak-anak tidak melupakan budayanya meski telah mengenal budaya asing. Agar bisa masuk, pengunjung harus membayar Rp 2.500 sebagai biaya tiket masuk. Namun, jumlah pengunjung yang masuk ke museum dibatasi hanya 20 orang agar nyaman di dalam.

4. Taman Kupu-Kupu Cihanjuang

Taman ini terletak di Bandung, Jawa Barat, tepatnya di daerah Cimahi. Sesuai namanya, di sana Anda bisa melihat beraneka ragam spesies kupu-kupu yang berada di dalam jaring besar. Taman ini menampung lebih kurang 35 jenis hewan bersayap indah tersebut.

Tak hanya melihat kupu-kupu, wisatawan juga akan dipandu oleh seorang pemandu yang memberikan beragam informasi. Anak-anak pun dapat mempelajari proses metamorfosis kupu-kupu. Pengunjung dapat memasuki kawasan tersebut hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja.

5. Museum Rekor Indonesia (MURI)

Bagi Anda yang tinggal atau sedang berlibur di Semarang, Anda bisa mengunjungi MURI. Museum ini menampilkan dokumentasi rekor-rekor yang telah tercatat di dalam catatan MURI. Walaupun begitu, tidak semua rekor tersebut memiliki bukti fisiknya.

Beberapa rekor yang dipecahkan dalam sebuah event, hanya dipajang foto-fotonya saja di museum tersebut. Diharapkan, pengunjung yang ke sana termotivasi untuk menciptakan sebuah rekor baru. Terlebih lagi, pengunjung tak akan dikenakan biaya apapun saat berkunjung ke sana.

Jadi, tempat wisata mana kah yang menarik perhatian Anda? Selamat berlibur!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com