Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2017, 16:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur bagai magnet bagi para wisatawan pecinta sejarah. Tak terkecuali Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama.

Dikabarkan Obama dan keluarga akan menyempatkan diri berkunjung ke Magelang, khusus untuk melihat Borobudur di sela waktu liburan keluarga di Yogyakarta dari tanggal 28-30 Juni 2017.

BACA: Inilah Museum UGM yang Menjadi Saksi Masa Kecil Obama

Tak hanya Obama, masih banyak tokoh dunia yang pernah berkunjung ke candi yang dibangun pada tahun 800-an masehi ini. Seperti yang dirangkum oleh KompasTravel berikut ini.

1. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg

Zuckerberg berkunjung ke Borobudur pada tanggal 12 Oktober 2014, di pagi hari. Kehadirannya di Borobudur terkesan rahasia. Hanya beberapa orang dekatnya yang tahu tentang kunjungan Zuckerberg ke Borobudur. Padahal besoknya ia dijadwalkan harus tiba di Jakarta.

www.facebook.com/mzuck Mark Zuckerberg dimintai tolong untuk memotret turis yang berkunjung di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (12/10/2014) pagi.

Karena itu pula, Zuckerberg tanpak leluasa di menikmati keindahan Borobudur. Salah satu hal unik yang dialami Zuckerberg di sini adalah ia diminta tolong untuk memotret turis asing yang juga sedang berwisata di Borobudur.

2. Aktor Richard Gere

Aktor yang terkenal berlakon di film "Pretty Woman" ini tampaknya tak akan melewatkan kunjungan ke Borobudur. Sebab Richard Gere memang menganut agama Buddha.

Di Borobudur, Gere juga melakukan ritual untuk mengelilingi candi untuk menelusuri tingkatan hidup manusia dalam ajaran Buddha yang dicerminkan relief Borobudur. Mulai dari kamadatu, rupadatu, sampai arupadatu.

BACA: Seperti Ini Hotel Tempat Obama Menginap di Yogyakarta

3. Petenis Maria Sharapova

Sharapova yang terkenal sebagai salah satu petenis cantik nan berprestasi pernah mengunjungi Borobudur tahun 2012. Ia juga datang di pagi hari untuk menikmati matahari terbit dari atas Borobudur. Tak lupa ia mengabadikan momen tersebut, dengan berpose duduk santai.

4. Pesepak bola, David Beckham

Berkunjung ke Borobudur tahun 2007, Beckham dikabarkan menggunakan jet pribadi dari Singapura ke Yogyakarta. Penjagaan yang luar biasa ketat, membuat tak ada media yang dapat mengabadikan kunjungan Beckham ke Borobudur.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com