Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Inggris Ini Terpesona dengan Kampung Pelangi di Semarang

Kompas.com - 29/06/2017, 17:03 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kepopuleran Kampung Pelangi di Semarang, Jawa Tengah, mengakibatkan banjirnya para wisatawan baik lokal maupun asing untuk mengunjungi kampung ini.

Satu di antara ratusan pengunjung itu adalah Francessa, warga negara Inggris. "Kampung Pelangi is beautiful village," katanya, Selasa (27/6/2017).

Francessa sengaja mengunjungi beberapa destinasi wisata di Indonesia satu di antaranya Kampung Pelangi. Ia mengaku mengetahui destinasi baru Kampung Pelangi ini dari media sosial.

Destinasi wisata yang baru nge-hits ini berlokasi di Kelurahan Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

(BACA: Kampung Pelangi Mendunia, Pemkot Semarang Tambah Panggung Swafoto)

Nama kampung pelangi mulai menyita perhatian dunia. Yuli, satu di antara warga kampung pelangi, mengaku tidak mengira daerah yang dulu kumuh dan tidak dipandang kini sering didatangi wisatawan mancanegara dari Inggris, Perancis, Australia, dan Ukrainia.

"Kami senang karena Kampung Pelangi kini sudah menjadi tempat wisata di mata lokal dan internasional. Hal ini sekaligus sebagai penyemangat kami agar meningkatkan pola hidup bersih lingkungan sekitar," kata Yuli yang juga anggota Kelompok Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Kampung Pelangi.

(BACA: Cantiknya 4 Kampung Warna-warni di Indonesia)

Warga Kampung Pelangi lainnya, Yati, sengaja mempersiapkan aksesoris foto yakni tulisan, topi, bando dan bunga untuk mendukung kegiatan foto wisatawan.

"Iya ini sebenarnya ide anak saya dan ini gratis. Wisatawan dapat menggunakan aksesoris ini, tapi apabila ada yang ingin memberikan donasi kami persilakan. Nantinya akan digunakan untuk peningkatan fasilitas para pengunjung," kata Yati.

TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO Aries Indra Kurniawan (12) bersama Maulana Gani Rauf (12) sedang duduk di jembatan yang merupakan jalan masuk Kampung Pelangi di Semarang, Jateng, seusai bermain, Kamis (26/4/2017).
Bertepatan dengan momentum libur lebaran, pengunjung yang datang di Kampung Pelangi meningkat dibanding pada bulan puasa kemarin. Hal ini dikemukakan oleh Budi, warga Kampung Pelangi.

"Animo masyarakat sangat tinggi, meskipun tempat baru namun pengunjung sangat antusias. Puncaknya pada lebaran hari kedua kemarin yang menyebabkan parkiran mobil dan motor meluber hingga ke bahu jalan," kata Budi.

Hal ini juga diungkapkan oleh Tutik (20), warga Kota Semarang yang datang bersama dengan teman-temanya untuk kedua kalinya.

"Kemarin sempat ke sini tapi sedang penuh, sehingga saya memutuskan ke sini lagi. Untung tidak ramai seperti kemarin," kata Tutik. (Tribun Jateng)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com