Balik lewat Cirebon? Coba Mampir Dulu ke Sentra Oleh-oleh Ini - Kompas.com

Balik lewat Cirebon? Coba Mampir Dulu ke Sentra Oleh-oleh Ini

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 01/07/2017, 15:49 WIB
KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Batik Cirebon dengan berbagai macam motif dapat dibeli di daerah Plered, Cirebon. Salah satu yang menawarkan banyak alternatif ialah di butik EB Batik Tradisional Cirebon.

CIREBON, KOMPAS.com - Terjebak macet di jalur arus balik lebaran? Daripada bingung, cobalah Anda melipir ke pusat oleh-oleh khas Cirebon berikut.

Selain bisa menjadi tempat belanja oleh-oleh khas Cirebon, tempat-tempat ini juga menyajikan beragam fasilits wisata yang bisa dinikmati.

Mulai membuat kerajinan, membatik, bersantai di fasilitas-fasilitasnya, hingga mencicipi ragam kuliner khas Cirebon yang tersedia di tempat tersebut.

Berikut beberapa sentra oleh-oleh khas Cirebon yang dirangkum KompasTravel.

1. EB Batik Tradisional Cirebon

Tempat ini merupakan sentra batik Cirebon yangterdiri dari butik, showroom hingga fasilitas lainnya termasuk kuliner.

(BACA: Cirebon Sultana, Oleh-oleh Kekinian Milik Indra Bekti)

Berada di Jalan Panembahan Utara, EB Batik Tradisional Cirebon menyajikan konsep one stop shopping Batik Cirebon. Selain belanja, di sini Anda bisa menikmati aneka kuliner hingga belajar batik langsung oleh para pengrajin dari Plered.

Anda bisa membeli berbagai motif batik Cirebon di show room-nya yang berada di bagian depan. Berbagai motif batik Cirebon terseda di sini. Seperti motif topeng, lereng patra, pincuk, lereng kembang, dan yang paling terkenal dan khas yakni megamendung.

(BACA: Belajar Membatik dan Menikmati Kuliner Cirebon, di Sini Tempatnya)

Berbagai motif tersebut juga diaplikasikan tak hanya di baju, tetap topi, syal, hingga aksesori untuk laki-laki dan perempuan. Harga yang ditawarkan mulai Rp 20.000 untuk aksesoris, Rp 30.000 hingga Rp 1,5 juta untuk kemeja batik.

Puas berbelanja aneka batik, Anda bisa bersantai di Taman EB Batik sembari mencicipi kuliner khas Cirebon yang tersedia. Ada nasi jamblang, lengko, docang, dan lainnya. Puas beristirahat dan menikmati sejuknya taman.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan berbelanja di Batik Trusmi Cirebon, Jawa Barat, Selasa (29/3/2016).
2. Pusat oleh-oleh Khanoman

Nah, Cirebon memang tak hanya batik dan aneka kulinernya yang lezat. Ragam makanan khas pun bisa Anda bawa pulang. Berkunjunglah ke salah satu sentra oleh-oleh yang sudah sejak puluhan tahun ini.

Salah satu pusat penjualan oleh-oleh makanan di Cirebon terletak di kawasan Kanoman. Di sana, ada salah satu toko yang cukup terkenal dengan jenis manisannya, yaitu Toko Sinta.

Oleh-oleh yang disediakan di sini sangat beragam, mulai dari manisan buah, kerupuk aneka rasa seperti rengginang, kerupuk udang, pisang sale, petis atau terasi cirebon, sirup tjampolay, dan ikan asin.

Silvita Agmasari Toko oleh-oleh khas Cirebon, Toko Daud.
3. Batik Trusmi

Nama Batik Trusmi memang sudah tak asing lagi. Anda juga bisa mendapatkan ragam batik cirebon termasuk model Mega Mendung, yang konon berasal dari Kampung Trusmi ini.

Batik Trusmi adalah salah satu gerai batik terbesar di Kampung Trusmi. Lokasinya di Jalan Trusmi Kulon No. 148 Plered, Cirebon.

Selain baju batik, di bagian depan toko juga ada selendang, pasmina, dan kain batik. Anda juga bisa berbelanja pernak pernik yang masih bernuansa batik, seperti dompet, gelang, kalung, gelas, dan berbagai riasan lucu-lucu.

Harga yang diberikan sangat bervariasi, baju batik anak mulai Rp 20.000 hingga jutaan rupiah untuk kain batik tulis. Untuk sebuah dompet batik perempuan, Anda bisa mendapatkan dengan harga Rp 20.000 dan aksesoris lain dengan harga terjangkau.

Bagi yang bosan berbelanja sandang, Anda bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh kuliner atau menikmati permainan anak-anak, bahkan pijat refleksi jika lelah setelah berbelanja.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM