Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balik lewat Cirebon? Coba Mampir Dulu ke Sentra Oleh-oleh Ini

Kompas.com - 01/07/2017, 15:49 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com - Terjebak macet di jalur arus balik lebaran? Daripada bingung, cobalah Anda melipir ke pusat oleh-oleh khas Cirebon berikut.

Selain bisa menjadi tempat belanja oleh-oleh khas Cirebon, tempat-tempat ini juga menyajikan beragam fasilits wisata yang bisa dinikmati.

Mulai membuat kerajinan, membatik, bersantai di fasilitas-fasilitasnya, hingga mencicipi ragam kuliner khas Cirebon yang tersedia di tempat tersebut.

Berikut beberapa sentra oleh-oleh khas Cirebon yang dirangkum KompasTravel.

1. EB Batik Tradisional Cirebon

Tempat ini merupakan sentra batik Cirebon yangterdiri dari butik, showroom hingga fasilitas lainnya termasuk kuliner.

(BACA: Cirebon Sultana, Oleh-oleh Kekinian Milik Indra Bekti)

Berada di Jalan Panembahan Utara, EB Batik Tradisional Cirebon menyajikan konsep one stop shopping Batik Cirebon. Selain belanja, di sini Anda bisa menikmati aneka kuliner hingga belajar batik langsung oleh para pengrajin dari Plered.

Anda bisa membeli berbagai motif batik Cirebon di show room-nya yang berada di bagian depan. Berbagai motif batik Cirebon terseda di sini. Seperti motif topeng, lereng patra, pincuk, lereng kembang, dan yang paling terkenal dan khas yakni megamendung.

(BACA: Belajar Membatik dan Menikmati Kuliner Cirebon, di Sini Tempatnya)

Berbagai motif tersebut juga diaplikasikan tak hanya di baju, tetap topi, syal, hingga aksesori untuk laki-laki dan perempuan. Harga yang ditawarkan mulai Rp 20.000 untuk aksesoris, Rp 30.000 hingga Rp 1,5 juta untuk kemeja batik.

Puas berbelanja aneka batik, Anda bisa bersantai di Taman EB Batik sembari mencicipi kuliner khas Cirebon yang tersedia. Ada nasi jamblang, lengko, docang, dan lainnya. Puas beristirahat dan menikmati sejuknya taman.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan berbelanja di Batik Trusmi Cirebon, Jawa Barat, Selasa (29/3/2016).
2. Pusat oleh-oleh Khanoman

Nah, Cirebon memang tak hanya batik dan aneka kulinernya yang lezat. Ragam makanan khas pun bisa Anda bawa pulang. Berkunjunglah ke salah satu sentra oleh-oleh yang sudah sejak puluhan tahun ini.

Salah satu pusat penjualan oleh-oleh makanan di Cirebon terletak di kawasan Kanoman. Di sana, ada salah satu toko yang cukup terkenal dengan jenis manisannya, yaitu Toko Sinta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com