Liburan di Indonesia, Ini Ragam Kuliner yang Dicicipi Obama - Kompas.com

Liburan di Indonesia, Ini Ragam Kuliner yang Dicicipi Obama

Silvita Agmasari
Kompas.com - 02/07/2017, 19:05 WIB
BIRO PERS SETPRES Presiden Joko Widodo dan Barack Obama, presiden ke-44 Amerika Serikat di Grand Garden Cafe, kawasan Kebun Raya Bogor, Jumat (30/6/2017).

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama baru saja mengakhiri masa liburannya di Indonesia. Obama beserta keluarga menghabiskan masa liburan di Bali, Yogyakarta, dan Jakarta terhitung dari tanggal 23 Juni hingga 2 Juli 2017.

Pada masa liburnya ini, Obama tak hanya melepas kangen dengan lokasi masa kecilnya. Melainkan juga makanan Indonesia yang ia suka. Dirangkum oleh KompasTravel, inilah daftar makanan yang Obama santap saat berada di Indonesia.

1. Bakso

Saat kunjungan ke Istana Bogor, Jumat (30/6/2017), Obama melahap habis bakso yang disajikan untuknya. Ia menyantap bakso kuah di sela-sela hujan di Grand Garden Cafe Kebun Raya Bogor bersama Presiden RI, Joko Widodo. Bakso diketahui sebagai salah satu makanan khas Indonesia favorit Obama.

2. Sate

Tak hanya bakso, Obama ternyata juga menyantap sate di Grand Garden Cafe Kebun Raya Bogor. Uniknya karena porsi sate yang cukup besar, Obama dan Jokowi berbagi sepiring sate berdua.

3. Aneka jajanan pasar

Masih dalam kunjungan Obama ke Istana Bogor, ia disuguhkan aneka jajanan pasar seperti kue onde-onde, kue talam ubi, kue mangkok, roti panada (isi) cakalang, dan lemper ayam. Tak diketahui, apakah Obama mencoba semua kue tersebut. Pastinya kue tersebut disajikan dengan teh manis hangat, es kelapa, dan air mineral.

4. Aneka es

Meski sudah banyak mencicipi makanan, Obama mengaku masih pensaran dengan es cendol dan es kelapa muda. Di pidato Konferensi Diaspora Indonesia, Obama mengatakan akan menggunakan sisa waktu di Indonesia untuk mencari es cendol, sajian yang termasuk sebagai 50 minuman terenak di dunia.

5. Mie lethek

Di Yogyakarta, Obama dan keluarga menyempatkan diri untuk bersantap siang di Restoran Bumi Langit. Disebutkan Obama dan keluarga sangat menyukai mie lethek, sampai bolak-balik untuk menyantap mie lethek.

Mie lethek adalah hidangan khas Bantul, Yogyakarta yang berwarna keruh. Seperti namanya 'lethek' yang dalam bahasa Jawa artinya kotor. Warna tersebut adalah warna alami, karena mie lethek tak diproduksi dengan bahan pengawet atau pemutih. Mie lethek bisa dimasak rebus atau goreng. Di Restoran Bumi Lagit, Obama dan kelaurga dihidangkan mi lethek goreng.

6. Urap, sop, dan sambal

Selain mie lethek Obama dan keluarga juga dihidangkan makanan khas Indonesia sepert urap bali, sop ikan gurame, dan sambal terong di Restoran Bumi Langit.

Sedangkan minuman yang disajikan berupa minuman fermentasi, campuran mint dan serai serta susu yang difermentasi dan dicampur buah murbai yang ditanam Restoran Bumi Langit. Restoran ini dipilih oleh Obama dan keluarga karena terkenal bebas bahan kimia, banyak bahan makanan yang ditanam dan diproses sendiri, serta pengolahan limbah yang baik.

7. Beras Jatiluwih

Saat berkunjung ke Bali, tepatnya di pesawahan Jatiluwih, Tabanan, Obama membawa pulang 2,5 kilogram beras merah produksi Jatiluwih. Beras varietas lokal ini terkenal sehat dan memiliki rasa yang lezat.

Selain tujuh makanan tersebut, Obama sebenarnya juga memiliki makanan favorit lain saat menghabiskan masa kecilnya di Indonesia dari tahun 1967 hingga tahun 1971. Disebutkan oleh adik tiri Obama, Maya Soetoro Ng, sang kakak sangat gemar menyantap bakso, ikan pepes, dan sambal tempe.

Di masa kecil, saat berlibur panjang di Yogyakarta, Obama juga gemar menyantap ayam ingkung (ayam goreng satu ekor) buatan neneknya. Begitu juga ikan bakar dari restoran di daerah Puncak yang memberi nostalgia tersendiri bagi Obama.

Di luar pemberitaan media, bisa jadi Obama makan lebih banyak hidangan khas Indonesia. Seperti yang ia katakan saat berpidato di acara Konferensi Diaspora Indonesia di The Hall Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

"Saya kira, saya makan sangat banyak. Ke manapun saya pergi orang-orang berteriak 'hei sate Obama, bakso, tempe, nasi goreng pak', jadi saya makan sangat banyak," kata Obama

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar