Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Aceh Utara Antisipasi Kecelakaan di Obyek Wisata

Kompas.com - 03/07/2017, 08:02 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSUKON, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Aceh Utara mendirikan posko Public Safety Center (PSC) 119 di Kilometer 28, dekat kawasan obyek wisata Gunung Salak, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara.

Posko ini khusus bantuan medis dan dibuka hanya pada musim liburan dan akhir pekan serta dapat dihubungi pada nomor 082365566119.

Ketua PSC Dinas Kesehatan Aceh Utara, Ferianto, Minggu (2/7/2017) mengatakan pembukaan posko itu untuk antisipasi jika terjadi kecelakaan di obyek wisata itu. Pasalnya, jalan yang mulus namun terbilang sempit di lokasi wisata itu berpotensi terjadi kecelakaan.

Posko ini, sambung Ferianto, disiapkan delapan petugas medis, satu mobil ambulans dan satu mobil umum plus sejumlah peralatan dan obat-oabatan untuk fasilitas pertolongan pertama pada kecelakaan.

“Kita sudah komunikasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah juga. Nanti di wilayah mereka, dekat area Gunung Salak juga akan ada pos layanan medis,” katanya.

“Posko ini penting untuk membantu wisatawan jika kecelakaan. Karena lokasi itu jauh dari rumah sakit dan Puskesmas. Jadi lebih baik kita dirikan posko setiap akhir pekan,” ujar Ferianto.

Dia mengimbau agar wisatawan tidak kebut-kebutan di lintas Gunung Salak sehingga peristiwa kecelakaan dapat dihindarkan.

“Jika kecelakaan silakan hubungi nomor handphone 082365566119 selama 24 jam. Nomor itu khusus layanan darurat kita,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com