Seru! Plt Gubernur Bengkulu "Duel Silat" dengan Anggota DPD RI - Kompas.com

Seru! Plt Gubernur Bengkulu "Duel Silat" dengan Anggota DPD RI

Kontributor Bengkulu, Firmansyah
Kompas.com - 04/07/2017, 20:11 WIB
KOMPAS.COM/FIRMANSYAH Plt Gubernur Rohidin Mersyah bersilat (Tari Rendai) dengan anggota DPD RI, Dapil Bengkulu, Ahmad Kanedi.

BENGKULU, KOMPAS.com - Duel silat antara Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Ahmad Kanedi, berlangsung seru, Senin (3/7/2017).

Suasana duel silat tersebut semakin menimbulkan kesan magis ketika serunai ditiupkan berkepanjangan. Kedua pihak saling serang, dan tangkis. Teriakan semangat dari kedua pesilat dan penonton turut juga menyemarakkan suasana.

Sekitar lima menit pertarungan disudahi kedua petarung saling bersalaman dan memberikan salam hormat.

(BACA: Tradisi Opoi Malem Likua dan Api Jagau di Bengkulu)

Duel silat antara Plt gubernur dan anggota DPD RI itu merupakan tarian silat Berendai yang cukup populer di kalangan Suku Serawai yang menempati wilayah Bengkulu.

(BACA: Pulau Tikus, Destinasi yang Sedang Hit di Bengkulu)

Pertarungan seru kedua tokoh tersebut dikemas dalam Festival Semalam di Serawai oleh Ahmad Kanedi. Ada banyak seni budaya serawai ditampilkan selain Tari Berendai.

Seni budaya Serawai yang ditampilkan itu meliputi, Tari Andun, Tari Obor, dan sebagainya.

Ahmad Kanedi menyebutkan Festival Semalam di Serawai tersebut dilakukannya dalam upaya melestarikan budaya serawai yang mulai ditinggalkan.

"Ini sebagai bentuk mengingat, melestarikan budaya masyarakat Suku Serawai, kegiatan seperti ini harus terus dilakukan," kata Ahmad Kanedi.

Suku Serawai merupakan salah satu suku terbesar yang mendiami Bengkulu. Selain Suku Serawai terdapat pula Suku Rejang, Pekal, dan Enggano yang menempati wilayah itu.

PenulisKontributor Bengkulu, Firmansyah
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM