Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada yang Mau Boikot Tour de Flores 2017, Ini Jawaban Panitia

Kompas.com - 06/07/2017, 10:08 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Chairman Tour de Flores, Primus Dorimulu mengatakan ada pihak yang coba memboikot acara Tour de Flores tahun ini. Namun, ia memastikan pihak tersebut telah bisa ditangani.

"Mayoritas 99 persen mendukung, tapi 1 persen yang menolak. Ini yang paling kencang," kata Primus dalam memberi sambutan dalam jumpa pers di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Menurutnya, ia telah mengecek pihak yang mencoba memboikot Tour de Flores 2017. Primus menemukan bahwa pihak yang memboikot adalah robot.

"Ada diskursus ini Tour de Flores menggunakan dana publik yakni APBD. Tour de Flores itu wujud gotong royong. Itu ada dana pusat, daerah, dan sponsor," jelasnya.

(BACA: Jangan Ditiru! Kelakuan Buruk Turis Indonesia di Candi Borobudur)

Agenda balap sepeda berskala internasional Tour de Flores akan dilaksanakan pada 14-19 Juli 2017. Tour de Flores akan menempuh rute sepanjang 721,6 kilometer yang terbagi enam etape.

Adapun etape-etape Tour de Flores 2017 yaitu etape pertama Larantuka-Maumere (138,5 km); etape kedua Maumere-Ende (141,3 km), etape ketiga Ende-Mbay (111 km), etape keempat Mbay-Borong (151 km), etape kelima Borong-Ruteng (58 km), dan etape Ruteng-Labuan Bajo (121,5 km).

Tour de Flores 2017 rencananya bakal diikuti 20 tim yang terdiri atas 16 tim luar negeri dan 4 tim dalam negeri.

Peserta dari luar negeri antara lain yaitu Inggris, Uni Eropa, Afrika, Jepang, Afrika, Jepang, Korea Selatan, China, Australia, Thailand, dan Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com