"Yunani, Destinasi Impian Saya sejak Kecil..." - Kompas.com

"Yunani, Destinasi Impian Saya sejak Kecil..."

Kompas.com - 06/07/2017, 20:14 WIB
BARRY KUSUMA Poseidon Temple di Yunani. Letak kuil ini sangatlah indah, karena terletak di atas bukit Cape Sounion.

KOMPAS.com - Yunani adalah destinasi impian saya sejak kecil. Alasannya sederhana. Karena waktu kecil saya suka banget nonton anime Saint Seiya. Memang kalau sudah power of mind suatu saat bisa terwujud.

Buat Anda yang punya destinasi impian jangan pernah putus bermimpi, mungkin suatu hari kamu bisa datang ketempat tersebut.

Banyak tempat bersejarah di Yunani yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat-tempat bersejarah di Yunani terutama kuilnya cenderung berada di posisi terbaik dan bersatu dengan alam. Kota yang dulu menjadi pusat kebudayaan Yunani Kuno ini masih menyisakan bukti peninggalan meski hanya berupa reruntuhan saja.

(BACA: Menyambangi Dewi Kebijaksanaan di Athena)

Ada begitu banyak bangunan besar dan kokoh di Yunani. Salah satu tempat favorit saya di Yunani adalah Poseidon Temple.

Letak kuil ini sangatlah indah, karena terletak di atas bukit Cape Sounion yang indah. Pemandangan dari sini mengingatkan saya dengan pemandangan bukit lawa di Flores yang begitu indah.

(BACA: Thailand Punya Kuil 700 Tahun di Dalam Terowongan, Berani Masuk?)

Temple of Poseidon terletak lebih 70 km di sebelah tenggara kota Athena. Tempat paling ujung dari Athena ini disebut Sounion. Yang berdiri pilar-pilar putih yang kokoh di paling ujung Sounion dan terletak di tepi laut. Bahkan, pilar-pilar putih ini dikelilingi oleh tiga lautan sekaligus.

BARRY KUSUMA Poseidon Temple di Yunani. Letak kuil ini sangatlah indah, karena terletak di atas bukit Cape Sounion.
Pilar-pilar putih yang berdiri kokoh ini adalah reruntuhan dari Kuil Poseidon yang dibangun pada 444 SM. Tahun yang sama di mana Kuil Parthenon di kota Athena didirikan.

Kuil ini dibangun dari batu marmer yang berasal dari Agrilesa. Bentuk pilarnya ramping berwarna putih dan hanya tersisa 16 pilar dengan gaya Doric.

Iktinos adalah arsitek yang membangun Kuil Poseidon ini. Aristek yang juga membangun Kuil Hephaestus di Agora Kuno di kota Athena.

Reruntuhan Kuil Poseidon ini juga terkenal dengan pemandangan mata hari tenggelam yang menawan. Sinar matahari akan menerpa pilar-pilar putih yang berubah menjadi kuning keemasan.

Pemandangan langka yang hanya bisa dinikmati di Sounion. Di antara pilar agung reruntuhan Kuil Poseidon.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sebelum para turis datang di siang hari agar bisa memotret dan tidak seramai City of Acrapolis.

Selain menikmati arsitektur kuil ini, sangat disarankan untuk mengunjungi pantai-pantai yang ada di sekitar kuil ini. Karena banyak terdapat kafe dan hotel di tepi pantai, Anda bisa menikmati secangkir kopi sekaligus berenang di Laut Mediterania yang terkenal cantiknya.

BARRY KUSUMA Poseidon Temple di Yunani. Letak kuil ini sangatlah indah, karena terletak di atas bukit Cape Sounion.
Menuju Yunani

Jalan-jalan ke Eropa memang identik dengan mahal karena umumnya tiket pesawatnya saja sudah mahal. Untuk akomodasi selama di sana masih bisa dilakukan dengan mencari penginapan murah seperti hostel atau hotel bisnis. Makannya pun bisa belanja sendiri dan masak sendiri yang biasanya disediakan di hostel.

Namun sejak 19 Juni 2017 Flyscoot membuka penerbangan perdana Singapura – Athena.

Saya sempat mendapatkan tiket one way Rp 2,9 juta sudah dengan bagasi 20 kg. Backpacker-an ke Eropa sekarang sudah bisa terjangkau asal kalian bisa mendapatkan tiket murah di mana salah satunya memanfaatkan LCC.

Di artikel lain saya mungkin akan berbagi pengalaman menggunakan LCC penerbangan jauh ke Eropa. (BARRY KUSUMA)

EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM