Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Jadi Tuan Rumah Silatnas Raja dan Sultan Nusantara V

Kompas.com - 11/07/2017, 18:03 WIB
Lisa Viranda

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Silaturahmi Nasional (Silatnas) Raja dan Sultan Nusantara kelima akan dilaksanakan pada 26 - 30 Juli 2017 di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta. Acara yang diselenggarakan setiap dua tahun tersebut merupakan ajang pertemuan sekaligus silaturahmi bagi seluruh raja, datu, dan sultan di Indonesia.

"Di Gedung DPR nanti kami akan mempertunjukkan bukan hanya kepada warga Indonesia, tetapi juga bangsa-bangsa di dunia bahwa Indonesia bukan negara yang terpecah-pecah meskipun banyaknya perbedaan," ujar Sekjen Badan Pengurus (BP) Silatnas Raja dan Sultan Nusantara, Upu Latu ML Benny Ahmad Samu-Samu saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (11/07/2017).

Berbeda dengan sebelumnya, Silatnas IV tidak berlangsung di gedung bersejarah. "Ini menjadi satu hal yang menarik dan menjadi pembeda dengan empat Silatnas sebelumnya," tambahnya.

Sekitar 600 peserta akan hadir dalam Silatnas V yang terdiri dari 243 raja, sultan, datu, ratu, termasuk pewaris dan penerus kerajaan dan kesultanan, pejabat tinggi negara, duta besar negara sahabat, budayawan, sejarawan, dan mahasiswa. Perwakilan bangsawan internasional dari 22 negara juga turut hadir. Antara lain dari Amerika Serikat, Jerman, Rusia, dan Korea.

Rangkaian acara meliputi pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) untuk memilih Sekjen BP Silatnas Raja dan Sultan Nusantara Indonesia periode 2017 - 2022 serta pendeklarasian wadah tunggal Raja Sultan Datu dan Raja Nusantara Indonesia. Di samping itu, akan disampaikan pula pandangan umum perwakilan raja dan sultan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Upu Latu ML Benny Ahmad Samu-Samu berharap acara ini mampu mengembalikan jati diri para raja dan sultan Nusantara. Peran para raja dan sultan Nusantara diyakini mampu menggali dan mengembangkan kearifan lokal. Selain itu, para pelaku adat dan budaya juga diharapkan benar-benar bersatu sehingga peradaban adat istiadat dan budaya tetap terjaga, terpelihara, dan berkembang.

Silatnas Raja dan Sultan Nusantara pertama kali diadakan pada 7 Agustus 2009 di Istana Merdeka Jakarta. Kemudian Gedung Merdeka, Bandung, dipilih sebagai tempat diadakannya Silatnas II tepatnya pada tanggal 25 - 26 Juni 2011.

Dengan menggaungkan perdamaian dan persaudaraan bangsa-bangsa di dunia, Silatnas Raja dan Sultan Nusantara III berlangsung pada tanggal 22 - 23 Juni 2013 di Taman Krida Budaya, Malang. Silatnas keempat diselenggarakan di Puri Agung Klungkung, Bali pada 28 - 30 April 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com