Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Makanan Terenak di Dunia, Ini Dia 8 Jenis Rendang

Kompas.com - 14/07/2017, 17:02 WIB

KOMPAS.com - Rendang bukanlah nama masakan, dan tidak selalu identik dengan daging sapi. Reno Andam Suri, penulis buku "Rendang Traveler" menyebutkan bahwa rendang dalah proses memasak.

"Karena rendang proses masak, tidak bisa dipaksakan setiap daerah bisa sama (bahannya)," tutur Reno kepada KompasTravel beberapa waktu lalu. 

Wanita itu mengatakan bahwa setiap daerah di Sumatera Barat punya bahan baku khas untuk direndang.

"Pada dasarnya mereka menggunakan bahan apa yang ada di daerah mereka. Tidak ada batasan benar atau salahnya rendang berdasarkan bahan baku," tuturnya.

Dihimpun KompasTravel, berikut 8 bahan baku yang biasa diolah menjadi rendang.

Rendang daging

Rendang jenis ini paling terkenal, dan paling banyak ditemui di tiap daerah. Rendang daging pula yang menyandang predikat sebagai makanan terenak di dunia versi CNN selama dua tahun berturut-turut.

BACA: Rendang dan Nasi Goreng Sabet Predikat Makanan Terenak di Dunia

Rendang ayam

Rendang yang satu ini dapat diolah dengan cara digiling, dipotong atau disuwir. Rendang ayam bisa jadi pilihan karena harganya yang lebih murah dibandingkan daging sapi.

Selain itu, proses memasak rendang ayam juga lebih cepat. Rendang satu ini merupakan khas daerah Kapau, tak heran biasa disajikan di restoran Nasi Kapau.  

Rendang daging kambing

Daging kambing memang indentik dengan masakan khas India. Namun rupanya, kambing juga biasa dimasak dengan bumbu rendang. Tidak perlu khawatir dengan bau daging kambing yang amis karena ada berbagai cara untuk menyiasatinya.

Salah satunya adalah dengan merebus daging kambing tanpa mencucinya, lalu buang air rebusan tersebut. Daging kambing kemudian bisa diolah dengan bumbu rendang. 

Jenis rendang satu ini biasa dikonsumsi oleh warga Kabupaten Agam. 

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com