Ondel-ondel ala Perancis, Seperti Apa Bentuknya? - Kompas.com

Ondel-ondel ala Perancis, Seperti Apa Bentuknya?

Silvita Agmasari
Kompas.com - 14/07/2017, 19:03 WIB
Les Grandes Personnes.INSTITUT PERANCIS INDONESIA Les Grandes Personnes.

JAKARTA, KOMPAS.com - Betawi punya ondel-ondel, kesenian khas yang mempertunjukkan boneka raksasa digerakkan manusia di dalamnya. Bergerak lincah, menari ikuti irama lagu Betawi.

Tak beda jauh dengan ondel-ondel, Perancis ternyata juga punya bentuk kesenian yang mirip. Sanggar teater boneka Les Grandes Personnes yang berarti 'Orang-orangan Raksasa' memperkenalkan seni boneka raksasa pada tahun 1998 di Aubervilliers, Paris.

"Sanggar Les Grandes Personnes membawa kreasi seni pahat dan ukir multimedia (kertas, kayu, plastik) ke ruang publik dengan memadukan seni visual dan seni pertunjukan. Mereka memulai kreasi dengan membentuk dan menampilkan boneka raksasa yang dipadukan dengan drama," begitu tulis siaran pers dari Institut Prancis di Indonesia (IFI) yang diterima KompasTravel, Kamis (13/7/2014).

Seni boneka raksasa dari Perancis ini disebutkan sebenarnya mirip dengan seni instalasi patung khas Bali yakni Ogoh-ogoh yang selalu dibuat dan diarak di jalan dalam rangka menyambut Hari Nyepi di Bali.

Namun cara memainkan boneka raksasa Perancis lebih mirip kesenian Barong Landung khas Bali atau ondel-ondel khas Betawi, di mana ada manusia yang menggerakan boneka.

Tangan boneka ditempel tongkat yang dipegang oleh manusia, yang berada di dalam boneka sekaligus berfungsi menjadi kaki boneka. Sehingga boneka dapat menggerakan kaki dan tangan sesuai arahan dari manusia di dalamnya.

Karena ukurannya yang dapat mencapai empat meter, tak sembarang orang dapat memainkan boneka raksasa Perancis ini.

"Boneka raksasa setinggi empat meter sangat berat dan hanya bisa digerakkan oleh mereka yang berbadan besar. Kami terus melakukan riset dan inovasi dalam menemukan bahan-bahan pembuatan boneka sehingga mudah dikendalikan oleh semua orang termasuk anak-anak," kata sutradara pertunjukan Les Grandes Personnes, Pauline de Coulhac.

Di Perancis, Sanggar Les Grandes Personnes pernah menyelenggarakan pertunjukkan teater boneka raksasa. Contohnya teater populer Romeo and Juliet karya Shakespeare.

Di Indonesia, boneka raksasa Perancis ini pernah mengisi Pesta Kesenian Bali tahun 2016, acara Car Free Day dan pertunjukkan di Kota Tua, Jakarta. Tanggal 16 Juli 2017 ini Les Grandes Personnes akan memeriahkan Cross Culture Festival di Surabaya.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X