Hidangan Brasil Rupanya Mirip dengan Indonesia... - Kompas.com

Hidangan Brasil Rupanya Mirip dengan Indonesia...

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 16/07/2017, 19:02 WIB
Penyajian daging ala Brazil, Churrasco yang ada di Tucanos Resto.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Penyajian daging ala Brazil, Churrasco yang ada di Tucanos Resto.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sama-sama beriklim tropis ternyata membuat Brasil dan Indonesia memilki banyak kesamaan dalam soal makanan.

Menurut Head Chef Tucano’s Churrascaria Brasileira, Aldecy Bastos, ini dikarenakan hampir semua sumber makanan yang tumbuh di Brasil dapat ditemukan di Indonesia.

“Bisa ditemui di sini mayoritas bumbunya, jadi memudahkan untuk membuat makanan dengan cita rasa yang serupa,” ungkap Aldecy saat peluncuran Tucano’s Churrascaria Brasileira Resto di Jakarta, Kamis, (12/7/2017).

Asisten General Manager Tucano’s Churrascaria Brasileira, Andi Hartono dan Aldecy Bastos selaku Head Chef menjelaskan ada beberapa kesamaan antara makanan Brasil dan Indonesia.

Senang pedas

Di beberapa daerah di Indonesia, para penduduknya sangat terbiasa dengan kuliner pedas. Jika tidak ada sambal, terasa ada yang kurang saat menyantap makanan.

Ternyata hal itu juga bisa ditemukan di Brasil. Negara di Amerika Selatan ini memiliki banyak jenis saus cabai, jika di Indonesia adalah sambal. Meskipun di Brasil, olehan sambalnya dominan perpaduan pedas dan asam cuka. 

“Di hidangan dagingnya, ada dua jenis sambal yang wajib dicampur. Semacam acar dengan potongan timun dan cabai giling yang bernama molho de pimento,” ujar Andi Hartono.

Jangan lupakan Jalapeno dan chili padi yang tumbuh di sekitar kawasan Amerika Latin. Cabai khas ini kekuatan pedasnya diklaim menyerupai cabai rawit merah Indonesia.

Bumbu masak

Eksistensi rempah juga ternyata begitu familiar di Brasil. Sama seperti Indonesia, orang Brasil terampil menggunakan bumbu-bumbu rempah dalam masakannya.

“Mereka banyak tersedia rempah, walaupun ada juga yang berbeda. Tapi untuk hidangan Churasco yang di barbeque memang minim rempah,” ujar Aldecy Bastos.

Ia menambahkan, rempah dan bumbu yang wajib ada sebagai penyedap di Brasil ialah bawang putih, minyak zaitun, asam cuka, dan balsamic.

Salad dan buah

Jika orang Sunda suka sekali lalapan, begitu juga orang Brasil. Di restoran Brasil, Anda akan menemukan banyak jenis salad. Salah satu restoran untuk mencicipi aneka salad Brasil adalah Tucano’s Churrascaria Brasileira di Jl KH Mas Mansyur, Jakarta.

Mulai salad nangka, salad buah bit, salad rumput laut, Brazilian chicken salad, green cabbage spicy salad, dan masih banyak lagi.

Soal buah-buahan tropis, Brasil pun tak mau kalah. Nanas menjadi buah yang wajib dihadirkan bersama daging saat menyantap hidangan Churrasco.

“Mankanya tidak sulit menyamakan selera lidah Indonesia dengan Brasil. Karna itu kami berani menyajikan yang otentik asli Brazilian food,” pungkas Andi Hartono.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X