Bakso Bulat Sudah Biasa, Coba Bakso Gulung di Bogor yang Bikin Nagih - Kompas.com

Bakso Bulat Sudah Biasa, Coba Bakso Gulung di Bogor yang Bikin Nagih

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 18/07/2017, 12:03 WIB
Kulit bakso gulung di Bakso Gulung Bragi ini, di goreng, sehingga menambah rasa kenyal dengan tekstur kuat seperti serat.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kulit bakso gulung di Bakso Gulung Bragi ini, di goreng, sehingga menambah rasa kenyal dengan tekstur kuat seperti serat.

BOGOR, KOMPAS.com - Anda yang sudah bosan dengan bakso bulat, tampaknya harus coba variasi bakso satu ini. Bakso gulung, begitu namanya, tak sekadar daging giling yang digulung menyerupai risoles. Tetapi ada lapisan kulit yang membuatnya lebih kenyal di luar, dan padat di dalam.

Anda harus berkunjung ke Kota Bogor untuk mencicipi bakso ini. Tempatnya ada di kedai Bakso Gulung Baragi, dekat deretan kuliner Bangbarung Raya, Kota Bogor.

BACA: Sensasi Menyantap Bakso Beranak Langsung di Tempat Kelahirannya

Bakso gulung ini merupakan hasil dari kreasi Priadi (43), pria asli Jombang yang menikah dengan orang Bogor. Ia menjajaki usaha bakso sejak tahun 1990. Saat itu ia masih berjualan bakso biasa, dengan gerobaknya berkeliling di kawasan Bangbarung.

"Dulu sempat muter di komplek-komplek sini. Pas lahir bakso gulung juga tes pasarnya pake gerobak, muter dulu," terangnya kepada KompasTravel saat mengunjungi kedainya, Senin (16/7/2017).

Di Bakso Gulung Bragi ini, Anda bisa memesan ragam jenis bakso gulung. Ada bakso gulung urat, bakso gulung, daging, bakso gulung telur.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Di Bakso Gulung Bragi ini, Anda bisa memesan ragam jenis bakso gulung. Ada bakso gulung urat, bakso gulung, daging, bakso gulung telur.

Di kedai Bakso Gulung Bragi, Anda bisa memesan ragam jenis bakso gulung. Ada bakso gulung urat, bakso gulung daging, dan bakso gulung telur. Ragam bakso gulung tersebut dilapisi kulit dari bunga tahu, atau yang biasa disebut kembang tahu.

Biasanya kembang tahu kita jumpai dalam capcay. Jika kembang tahu dalam capcay direbus, bakso ini menggunakan kemban tahu yang digoreng. Sehingga menambah rasa kenyal dengan tekstur kuat seperti serat.

BACA: Nyam... Nikmatnya Bakso Beranak Isi Keju sampai Cabai Rawit

Cita rasa itulah yang menjadi khas di Bakso Gulung Bragi. Begitu Anda melahap baksonya, akan terasa kenyal di luar dan padat di dalam. Terlebih jika memilih bakso gulung urat yang juga berserat di dalamnya. Bakso gulung sendiri, sebelum dimasukan ke kuah bakso, terlebih dahulu digoreng, untuk mematangkan kembang tahu tadi.

"Biasanya banyak yang bawa bakso gulungnya saja, sudah matang digoreng. Jadi bisa tahan dua hari di luar kulkas, kalau dibawa keluar kota," ujar Priadi.

BACA: Kisah Perjuangan di Balik Terciptanya Tren Bakso Beranak

Satu porsi bakso gulung dijual dengan harga berbeda-beda. Bakso gulung otak-otak Rp 14.000, hingga bakso gulung daging Rp 18.000. Varian terakhir itu menggunakan bagian lamusir, atau punggung sapi.

Kembang tahu memang membuat citarasa bakso begitu berbeda dari bakso bulat biasa. Untuk mencobanya Anda bisa datang ke kedai Bakso Gulung Bragi, Jalan Palayu Raya nomer 15, Bogor. Buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB setiap hari.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM