Garuda Indonesia Layani Penerbangan Makassar - Raha - Kompas.com

Garuda Indonesia Layani Penerbangan Makassar - Raha

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 18/07/2017, 14:04 WIB
Pesawat Garuda IndonesiaKOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pesawat Garuda Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia membuka rute penerbangan Makassar (Sulawesi Selatan) - Raha (Sulawesi Tenggara) mulai Senin (17/7/2017).

Pembukaan rute ini sebagai upaya untuk terus memperluas jaringan dan konektivitas penerbangan khususnya di wilayah domestik. Peresmian penerbangan perdana untuk rute Makassar – Raha tersebut diresmikan oleh Plt. Gubernur Sulawesi Tenggara, HM. Saleh Lasata dan Bupati Muna, LM. Rusman Emba yang juga didampingi oleh Direktur Marketing dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati.

Pembukaan rute ditandai dengan seremonial penyambutan secara adat di bandara Sugimanuru, Muna Barat, Sulawesi Tenggara. Pesawat yang akan melayani penerbangan baru itu adalah pesawat jenis ATR 72-600 dengan kapasitas 70 tempat duduk.

Garuda Indonesia melayani rute Makassar - Raha sebanyak tiga kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Penerbangan dari Makassar menuju Raha akan dilayani dengan menggunakan GA 7832 yang akan berangkat dari Makassar pada pukul 07.45 Wita, dan akan tiba di Raha pada pukul 08.50 Wita.

Kemudian penerbangan dari Raha menuju Makassar akan dilayani dengan menggunakan GA 7833 yang akan berangkat dari Raha pada pukul 09.35 Wita, dan akan tiba di Makassar pada pukul 10.35 Wita.

Plt. Gubernur Sulawesi Tenggara, HM. Saleh Lasata menyampaikan apresiasinya kepada Garuda Indonesia atas diresmikannya penerbangan baru rute Makassar – Raha PP.

“Kami yang mewakili masyarakat Sulawesi Tenggara tentunya mengucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia atas komitmennya untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan juga membantu meningkatkan potensi pariwisata di Muna (Raha), Sulawesi Tenggara ini. Semoga dengan penerbangan baru ini dapat membantu peningkatan investasi, perdagangan dan pariwisata Muna ke depannya," kata Saleh dalam keterangan pers yang diterima KompasTravel, Senin (17/7/2017).

Sementara itu, Bupati Muna, LM. Rusman Emba mengatakan dengan adanya rute Makassar – Raha PP efektivitas perjalanan akan lebih baik, karena hanya memakan waktu sekitar setengah jam.

"Kondisi itu pula akan memicu produktivitas di daerah ini, sekaligus membuka akses potensi yang ada di daerah kami. Salah satunya potensi pariwisata, karena daerah kami potensi pariwisatanya tidak kalah dengan daerah lainnya di Sulawesi Tenggara, termasuk daerah pariwisata yang sudah terkenal seperti Wakatobi," tambah Rusman.

Direktur Marketing dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati juga berharap dengan dibukanya penerbangan baru Makassar – Raha PP ini dapat meningkatkan perekonomian wilayah dan membuka Raha pada konektivitas jaringan rute domestik dan internasional Garuda Indonesia.

“Harapan kami kiranya rute baru ini juga dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat Raha untuk dapat mengakses Kota Makassar dan kota-kota lainnya dengan waktu tempuh yang lebih singkat tanpa harus menggunakan transportasi darat yang tentunya membutuhkan waktu yang lama,” jelas Nina.

Kota Raha adalah ibukota Kabupaten Muna yang merupakan salah satu kota di provinsi Sulawesi Tenggara. Kota ini terletak di pesisir Selat Buton dengan total area seluas 47,11 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 53.246 jiwa.

Kota Raha memiliki berbagai tempat wisata menarik dan telah menjadi ikon dari Kabupaten Muna. Antara lain Danau Napabale, Pantai Meleura, Gua Liangkobori, dan Wisata Tenun Muna.

PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM