Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 11 Tahun Berhasil Daki 7 Puncak Tertinggi di Indonesia, Siapa Dia?

Kompas.com - 18/07/2017, 16:22 WIB
Lisa Viranda

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tepat pada 15 Juli 2017 pukul 16:00, WIT Khansa Syahlaa (11) berhasil mencapai puncak Cartensz Pyramid di ketinggian 4.884 mdpl.

Ini adalah puncak tertinggi di Indonesia yang berada di Papua. Pendakian tersebut sekaligus menobatkan Khansa sebagai pendaki cilik perempuan pertama yang berhasil menaklukkan tujuh puncak-puncak tertinggi di Indonesia.

"Seneng banget karena Cartensz ini termasuk salah satu dari tujuh summit dunia. Terharu juga bahkan sampe nangis. Gak kebayang bisa sampai di puncak," ujar Khansa saat jumpa pers di Rarampa Restaurant,  Jakarta, Selasa (17/07/17).

BACA JUGA: Inspiratif, Anak 10 Tahun Taklukkan Lima Gunung Tertinggi di Indonesia

Perjalanan dimulai pada 10 Juli 2017 dan berakhir pada 17 Juli 2017. Ditemani Aulia Ibnu, sang Ayah, beserta tim, Khansa mengaku bahwa cukup banyak tantangan yang dialami selama perjalanan. Terlebih ketika proses turun. 

"Loncat dari celah ke celah sempat jatuh. Hambatan ketika pulang itu kondisinya malam hari dan hujan. Kemudian harus lewat air terjun. Basah semua, tangannya sampai beku. Takut banget hipotermia," tambah Khansa.

Dibutuhkan kemampuan teknikal untuk bisa tiba di puncak Gunung Cartensz. Oleh karena itu, berlatih panjat tebing dan perlengkapan descending (untuk turun) dan ascending (untuk memanjat naik) menjadi bagian dari persiapan Khansa di samping pola makan dan istirahat yang teratur.

Khansa Syahlaa adalah anak kedua dari tiga bersaudara yang lahir di Jakarta 16 Maret 2006. Saat ini, Khansa masih duduk di kelas 5 SD Dar El Salam Gunung Putri Bogor.

Beberapa gunung lainnya yang telah berhasil Khansa daki yaitu Gunung Semeru, Gunung Latimojong,  Gunung Kerinci,  Gunung Binaiya,  Gunung Rinjani,  Dan Gunung Bukit Raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com