Masuk ke Istana Bogor, Jangan Berani-berani Melanggar Hal Ini - Kompas.com

Masuk ke Istana Bogor, Jangan Berani-berani Melanggar Hal Ini

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 19/07/2017, 16:03 WIB
Istana Bogor.shutterstock Istana Bogor.

BOGOR, KOMPAS.com - Bagi warga Bogor, keberadaan Istana Bogor tentunya menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi setiap tahunnya istana itu dibuka untuk masyarakat yang mau melihat kemegahannya.

Tahun ini, dalam rangka Hari jadi ke-525 Kota Bogor, kegiatan Istana Untuk Rakyat (Istura) kembali digelar mulai 24-28 Juli 2015. Tak hanya untuk warga Bogor, wisatawan domestik maupun mancanegara juga bisa mengikuti acara Istura.

Meski begitu, wisatawan wajib menaati ketentuan peserta yang telah ditetapkan panitia bersama Paspampres dan pihak protokoler Istana.

Berikut aturan yang harus ditaati:

1. Memiliki tiket masuk

Tiket masuk bisa didapatkan gratis sejak tanggal 15 Juli hingga hari terakhir acara pada 28 Juli 2017, di Balai Kota dan Dinas Pariwisata Kota Bogor.

2. Dilarang membawa barang bawaan

Bagi wisatawan, disarankan untuk tidak membawa barang berlebih termasuk kamera. Barang yang boleh dibawa masuk hanya dompet.

3. Panitia tidak menyediakan penitipan barang dan tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang

Wisatawan memang dihimbau untuk mengamankan barangnya sendiri, meski ada posko panitia. Anda yang membawa mobil lebih baik menaruh semua barang bawaan di mobil Anda.

4. Batas usia minimal 10 tahun ke atas

Hal ini karena beberapa sudut Istana Bogor terdapat barang-barang berharga yang harus dijaga. Selain itu, beberapa benda juga yang memuat konten sensitif.

5. Kenakan pakaian tertentu

Menggunakan pakaian rapi menjadi syarat utama, seperti batik dan kemeja. Anda tidak diperkenankan menggunakan jeans apalagi celana pendek.

Untuk alas kaki, Anda diharuskan menggunakan sepatu yang menutupi kulit kaki wisatawan. Bagi yang terlanjur datang menggunakan sandal, dipersilahkan mencari pinjaman, atau jadwal tiket ditukar untuk datang kembali keesokan harinya.

6. Dilarang membawa kamera/mengambil gambar Istana Bogor

Untuk mengabadikan kegiatan Istura, di dalam istana tersedia jasa foto dari panitia yang bisa dimanfaatkan dengan membayar hasil cetak fotonya.

"Tahun ini kamera dan handphone juga tidak boleh masuk, instruksi dari protokoler istana," ujar Susilowati Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Rabu (19/7/2017).

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar