Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melancong ke Jogja, Cobalah Penyetan Kuah Yik Mahdi

Kompas.com - 20/07/2017, 07:41 WIB
I Made Asdhiana

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjadi salah satu Kota budaya dan tujuan destinasi wisata, Yogyakarta memang kaya akan beragam wisata kuliner yang dapat anda temukan di setiap sudut kotanya.

Berbagai menu sajian kuliner di Yogyakarta sangat bermacam-macam dengan ciri khasnya masing-masing dan tentunya kelezatannya.

Salah satu tujuan kuliner yang dapat anda kunjungi dan memiliki cita rasa yang lezat dengan konsep menu yang berbeda ialah Penyetan Kuah Yik Mahdi.

Terletak di Pogungrejo Jalan Selokan Mataram no 17, Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta, warung makan tersebut menyajikan menu yang berbeda dari penyetan lainnya.

(BACA: Menjajal Ayam Kremes Sambel Uleg dari McDonalds)

Jika penyetan pada umumnya kebanyakan hanya disajikan dengan digoreng serta sambal dan lalapan sebagai pelengkapnya, di Penyetan Yik Mahdi ini penyajian menu hidangannya menggunakan kuah.

"Menu yang disajikan bisa dipenyet goreng biasa dan disajikan dengan kuah, tergantung permintaan pelanggan. Tapi kebanyakan pelanggan memesan penyetan dengan kuah," ujar Mahdi selaku pemilik warung.

(BACA: Sayap Ayam Ini Lebih Menggoda)

Menu olahan yang disajikan di warung penyetan tersebut berupa Ayam, Nila, Lele, telur, Terong, dan Rempelo ati.

Penyetan Kuah Yik Mahdi di Yogyakarta.TRIBUN JOGJA/GILANG SATMAKA Penyetan Kuah Yik Mahdi di Yogyakarta.
Mahdi mengatakan pengolahannya yaitu dengan cara digoreng dahulu di rumah setengah matang, baru kemudian dibawa ke warungnya. Lalu ketika ada yang memesan, menu-menu tersebut digoreng kering dan menjadi sangat renyah.

Paduan Penyetan goreng yang renyah dan gurih dipadu dengan Kuah bumbu kuning menjadikan sensasi lezat yang membuat ketagihan saat menyantapnya.

Kuah Santan yang kental serta bumbu rempah-rempah asli yang pedas akan menggoyang lidah Anda saat menyantap penyetan dengan bumbu kuah tersebut.

Daging ayam goreng yang lembut dan gurih dipadu dengan kelezatan sambal yang nikmat sangat cocok disantap dengan kuah bumbu kuning yang kental dan lezat.

Mahdi mengatakan sasaran pelanggan warungnya ialah mahasiswa yang kebanyakan pecinta makanan pedas.

"Sekarang penikmat kuliner pedas juga banyak, terutama anak kuliah, jadi kuah yang disajikan di sini semuanya pedas. Kebetulan saya juga bisa memasak bumbu kuah, jadi sekalian saja semua saya kerjakan sendiri," tambahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com